HOSPITOUR adalah acara tahunan yang diadakan oleh Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan (STTPH), Universitas Pelita Harapan (UPH), Karawaci, Tangerang untuk membangun hubungan dan kerjasama antar lembaga – lembaga pendidikan dan mahasiswa. Kegiatan HOSPITOUR ini diadakan selama 3 hari, yaitu pada 8 hingga 11 April 2019. Tema Hospitour tahun ini mengangkat topik tentang Millenial’s digital tourism. Tema ini diangkat karena pada saat ini dunia dan khususnya Indonesia telah memasuki era digital 4.0. Era dimana saatnya generasi Millenial yang akan menghadapi berbagai tantangan yang ada.

Seperti tahun tahun sebelumnya, Hospitour 2019 ini dibuka dengan suatu seminar yang juga membahas tentang generasi millenial dalam mengembangkan pariwisata lokal di Indonesia yang diharapkan dapat membantu ekonomi masyarakat sekitar, mulai dari hal internal seperti human resource hingga food tourism, transportation, travel, dan marketing dibahas di seminar ini. Setelah acara seminar ini, akan diadakan pula berbagai perlombaan seperti food vlog, food photography, scientific paper, tour package hingga perlombaan cabang olahraga futsal.

Pada hari pertama dalam rankaian acara ini, kami berkesempatan untuk menghadiri seminar nasional mereka yang membahas tentang Millennials’ Direct Involvement in Growing International Tourism by Sustaining Local Tourism.

 

Gambar 1. Tempat Pelaksanaan Seminar Nasional “Millennials’ Direct Involvement in Growing International Tourism by Sustaining Local Tourism di STTPH, UPH

 

Gambar 2. Kami (Karen (paling kanan) dan Melodi (ketiga dari kanan)) bersama teman – teman dari Universitas Bina Nusantara (BINUS) jurusan Destinasi Pariwisata sebelum acara seminar

 

 

Ada lima pembicara yang memberikan kajian dan informasi selama acara seminar yang sangat berguna bagi peserta. Seperti, salah satu pembicara berbicara tentang karakteristik millennial ketika mereka bepergian, seperti contohnya bahwa para Millennial senang untuk berbagi, mereka mencari interaksi, pengeluaran selektif dan pengalaman otentik. Kami sebagai peserta seminar juga diberi kesempatan untuk bertanya kepada pembicara.

Bagi kami, kegiatan dan acara HOSPITOUR adalah acara yang mendidik dan berkualitas. Untuk dapat hadir di seminar nasional yang diadakan ini adalah salah satu kehormatan bagi kami.

 

Ditulis oleh        : Karen Suryanto – Student ID 2201817142 dan Melodi Angeline – Student ID 2201814481, BINUS Tourism School

Diedit oleh         : Indra Kusumawardhana