“Millennial’s Digital Tourism” dan HOSPITOUR 2019

-8 April 2018- Pada kali ini kami mendapatkan kesempatan untuk menghadiri seminar yang bertemakan “Millennial’s Digital Tourism” dalam acara HOSPITOUR 2019 yang diadakan oleh Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan (STTPH), Universitas Pelita Harapan (UPH), Karawaci, Tangerang.

Kami bertujuh mahasiswa BINUS jurusan Tourism Destination dan dosen pendamping bersama sama juga dengan mahasiswa BINUS jurusan Hotel Management beserta dosen pendampingnya menjadi perwakilan yang menghadiri seminar ini.

Adapun, beberapa universitas lain yang juga diundang dalam seminar ini adalah: Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional (STPBI), Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB (NHI)), PODOMORO University, PRADIPTA Institute, dan juga Akademi Pariwisata (AKPAR) Medan.

Seminar ini merupakan acara pembuka dalam program Hospitour 2019 sekaligus pemaparan materi mengenai kaum milenial yang turut serta dalam perkembangan pariwisata digital seperti yang tergambar di salah satu slide pemaparan dibawah ini.

Gambar 1. Pemaparan Materi Perkembangan Pariwisata Digital

 

Pembicara yang membawakan tema diskusi dalam seminar antara lain dapat disebutkan dibawah ini:

  • Ibu Fajar Ayuningsih, S.I.KOM.,M.PAR. yang membahas perjalanan wisata kuliner tradisional Indonesia, keunikan kuliner tradisional Indonesia, dan pentingnya peran milenial dalam hal penyebaran tren kuliner Indonesia ke dunia.
  • Bapak Jonathan Thamrin yang membahas paket perjalanan wisata yang tidak melulu pergi ke kawasan elit Indonesia, namun juga pergi ke daerah yang kekayaan alamnya jarang terdeteksi. Lalu, beliau juga membahas kontribusi yang dapat dilakukan kaum milenial kepada masyarakat melalui program-program pembangunan
  • Bapak Jerry Udampo, MBA, yang membahas kemudahan bagi kaum milenial di era serba digital ini. Selanjutnya, Pak Jerry juga membahas aspek yang dapat membantu kita menentukan strategi pemasaran produk pariwisata serta aspek-aspek yang dapat mendukung pariwisata keberlanjutan di Indonesia.
  • Dan yang terakhir adalah Ibu Anike Widiyani yang membahas mengenai pentingnya kualitas sumber daya manusia untuk kemajuan perkembangan pariwisata di Indonesia.

Setelah selesai menghadiri seminar tersebut, kami foto bersama di photo booth yang telah disediakan oleh panitia HOSPITOUR 2019.

Gambar 2. Tujuh Mahasiswa BINUS Jurusan Tourism Destination dan Dosen Pendamping

 

Ditulis oleh         : Rinaldo Lesmana– Student ID 2201742103, BINUS Tourism School

Diedit oleh         : Indra Kusumawardhana

Rinaldo Lesmana