Pada hari Kamis, 18 Juli 2019, bertempat di Big Board Room, Kampus Anggrek BINUS University, Program Studi Destinasi Pariwisata BINUS University menerima visitasi (kunjungan) asesor untuk kegiatan akreditasi BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi). Kegiatan tersebut merupakan akreditasi pertama Prodi Destinasi Pariwisata BINUS University, yang sudah berdiri sejak 2015 atau berusia empat tahun. Melalui kegiatan tersebut, Prodi Destinasi Pariwisata BINUS University berhasil mendapatkan peringkat B, yang ditetapkan pada tanggal 24 Juli 2019.

Gambar 1 Sebagian mahasiswa perwakilan Prodi Destinasi Pariwisata berpose setelah sesi wawancara dengan Bapak I Wayan Suardana sebagai asesor (foto: Prodi Destinasi Pariwisata, 2019)

Gambar 2 (kanan-kiri) Bapak Engkos Kuncoro, Bapak Gatot Soepriyanto, dan Bapak Wendy Tarigan, mewakili BINUS University, dalam acara pembukaan kegiatan Akreditasi BAN-PT untuk Prodi Destinasi Pariwisata (foto: Prodi Destinasi Pariwisata, 2019)

Visitasi dan akreditasi yang berlangsung selama satu hari tersebut dilakukan oleh dua orang asesor; Ibu Dr. Diena Mutiara Lemy, MM, CHE, dari Universitas Pelita Harapan, Tangerang, dan Bapak Dr. I Wayan Suardana, M.Par dari Universitas Udayana, Bali. Mewakili BINUS University di antaranya adalah Wakil Rektor untuk Bagian Operasi dan Sumber Daya Akademik, Bapak Dr. Engkos Achmad Kuncoro, SE, MM; Dekan Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, Bapak Gatot Soepriyanto, Ph.D., Ketua Prodi Destinasi Pariwisata, Bapak Wendy Tarigan, SE, MM, MBA, dan sejumlah perwakilan dari beberapa unit. Termasuk dalam kegiatan adalah tour de campus untuk memberikan gambaran bagi asesor tentang fasilitas yang berhubungan dengan Prodi Destinasi Pariwisata dan wawancara asesor dengan perwakilan mahasiswa Prodi.

Gambar 3 Ibu Diena Mutiara Lemy sebagai asesor sedang berdiskusi dengan sebagian perwakilan BINUS University (foto: Prodi Destinasi Pariwisata, 2019)

Prodi Destinasi Pariwisata BINUS University merasa bersyukur dengan hasil tersebut dan mengucapkan banyak terima kasih untuk pihak-pihak yang telah membantu kelancaran kegiatan. Prodi Destinasi Pariwisata berharap dan akan berupaya untuk dapat terus melakukan yang terbaik ke depannya dan berkontribusi bagi masyarakat sekaligus bagi perkembangan keilmuan dan bidang kepariwisataan Indonesia dan global.