People Innovation Excellence

Mengenal Sekilas Kopi yang Anda Minum…

Budaya minum kopi sudah ada sejak lama. Umat Islam memulainya sejak tahun 1400 yang silam, yang dibawa oleh masyarakat Yaman dari Ethiophia. Orang Afrika terutama Ethiopia telah mengenal kopi sejak tahun 800 SM. Sumber lain, yakni kesaksian dari ilmuwan Muslim terkemuka, Al-Razi dan Ibnu Sina, menyatakan kopi telah dikenal di kalangan umat Islam pada awal abad ke-10. Minuman ini pertama kali dinikmati dan dibudidayakan oleh masyarakat Yaman. Mereka menyebut minuman kopi sebagai al-Qahwa. Konon, peminum pertama kopi adalah kaum sufi yang menggunakannya sebagai stimulan agar tetap terjaga selama berzikir pada malam hari.

Slide17

Dari interaksi para peziarah Islam tadi dan peran serta dari para pedagang membuat penyebaran kopi cukup pesat hingga merambah keluar dari kalangan muslim. Penyebaran kopi tersebut dimulai di wilayah Eropa pada abad ke 17, melalui kota-kota besar terkemuka seperti Venesia, Marseiles, Amsterdam, London, dan Wina.

Kopi yang kita kenal terdiri dari dua jenis yakni kopi Robusta dan kopi Arabika. Kopi Robusta biasanya tumbuh pada ketinggian kira-kira dibawah 800 mdpl, sedangkan kopi Arabika tumbuha di ketinggian sekitar 700 – 1700 mdpl pada suhu sekitar 16-20 °C. pada kedua jenis kopi ini memiliki perbedaan rasa, jika pada rasa kopi arabika biasanya kita akan menjumpai rasa yang sekilas mirip dengan rasa coklat. Sedangkan pada jenis Arabika karakter dengan aroma yang lebih wangi disertai rasa ada asam, cenderung lebih pahit dari jenis Robusta dan tekstur rasa yang lebih halus jika dibandingkan Robusta.

IMG_8025

Apapun jenis kopi yang anda minum yang pasti kopi memberikan manfaat antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh sang peminumnya. Pemilihan jenis kopi yang akan anda minum sangatlah subjektif sesuai dengan kesesuaian rasa kopi yang bisa anda terima di lidah dan mulut anda. Ketika anda meminum segelas kopi sangat dianjurkan untuk tidak menggunakan gula pada saat anda meneguknya pertama kali, hal ini disarankan agar anda dapat merasakan keaslian daripada rasa kopi yang telah anda pilih tersebut (Robusta atau Arabika). Untuk mengkonsumsi kopi agar tidak berdampak negatif bagi kesehatan anda sebaiknya paling banyak 3 gelas sehari.

IMG_8007

Dengan kecanggihan teknologi saat ini anda bisa lebih meningkatkan pengetahuan anda tentang kopi baik dari segi jenis maupun aneka penyajiannnya. Sehingga pada akhirnya anda mampu untuk menyajikan “your own signature coffee” kopi kebanggaan dan favorit anda. Sudahkah anda minum kopi hari ini?

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close