Desa Membangun Indonesia Goes To Campus

Organized By: Binus Tourism Destination & Sindo Weekly

Presiden Joko Widodo berkomitmen membangun Indonesia dari desa. Untuk memperkuat perekonomian wilayah ini, pemerintah mengalokasikan dana desa hingga puluhan triliun rupiah. Persentase kemiskinan di perdesaan pun terus menurun.

Pasca disahkannya UU No 6 tahun 2014 tentang Desa, amanat yang ‘cukup berat’ harus diemban Kementerian PDT, Desa dan Transmigrasi demi mewujudkan cita-cita yang tertuang dalam UU Desa yakni memberikan dorongan agar desa mampu menuju kemandirian, kesejahteraan, bertenaga secara sosial, berdaulat secara politik, dan berdaya secara ekonomi.
Berbagai program pengembangan desa digelar, antara lain; pembangunan embung air desa, pembangunan sarana olahraga, dan pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Desa Membangun Indonesia” merupakan suatu rangkaian kerja sama majalah Sindo Weekly dengan kementerian desa, pembangunan daerah tertinggal & Transmigrasi Indonesia. Dimana dalam acara ini terdapat beberapa konten acara dimana melibatkan seluruh daerah di Indonesia terutama daerah setingkat desa/kelurahan dan Universitas dengan target millenial.

Setelah sukses melaksanakan 2 kegiatan Desa Membangun Indonesia di Desa Dlingo , Kecamatan Bantul dan desa Cikandang, Kecamatan Ciikajang , Garut dengan sukses menyasar target masyarakat desa dengan memberikan edukasi mengenai Dana Desa dan pengembangan BUMDes. Event kali ini Desa Membangun Indonesia akan diadakan di Universitas dikota-kota besar dengan target peserta kaum millenial dimana para pemuda kota sedikit informasi mengenai perkembangan desa.

Untuk itu event selanjutnya bertajuk Goes To Campus “Desa Membangun Indonesia” dengan tema diskusi “Millenial Bicara Desa” dengan target mahaiswa perguruan tinggi di kota-kota besa.

Tujuan

  1. Memberikan informasi kepada pemuda era milenial mengenai potensi desa dari berbagai sektor.
  2. Memotivasi mahasiswa untuk berfikir setelah selesai kuliah balik ke desa dan membangun desa masing-masing dengan mengelola BUMDes serta potensi desa yang ada.

 

Masa depan Indonesia ada di Desa. Desa adalah sumber energi, pangan, air dan wisata yang belum banyak digali. Perlu anak muda yang kreatif dan inovatif serta sentuhan teknologi informasi sehingga desa bisa mendunia. Generasi Milenial yang suka tantangan, bekerja sesuai dengan pasion, mobile dan suka berjejaring dibutuhkan untuk berperan didesa. Saatnya anak muda kembali ke Desa.

Source:Sindo Weekly

 

 

 

Y.Maulana