Jakarta City Tour Binusian 2021, Visiting Cipir, Onrust, Kelor Island

Latar Belakang

Kegiatan pariwisata yang dilakukan di dalam sebuah kota sangat didukung oleh elemen-elemen yang saling berkaitan satu dengan lainnya. Wilayah DKI Jakarta menawarkan berbagai macam daya tarik wisata. Proposal ini menguraikan perjalanan lapangan sehari penuh untuk mahasiswa program sarjana Destinasi Pariwisata Universitas Bina Nusantara untuk menjelajahi berbagai situs sumber dan daya tarik wisata di DKI Jakarta sebagai praktik di lapangan untuk menambah wawasan keahlian pariwisata secara konseptual dan kontekstual untuk bidang kajian Prinsip Dasar Kepariwisataan, Thematic Tourism, Tourism Geography, serta Perencanaan dan Pemasaran Pariwisata.

Kunjungan lapangan ini sangat berharga bagi mahasiswa Program Studi Destinasi Pariwisata baik sebagai pengalaman intelektual dan pengenalan sosial berbagai fenomena kepariwisataan di Indonesia. Wilayah DKI Jakarta menawarkan kesempatan bagi mahasiswa mengamati dan mengalami berbagai fenomena kepariwisataan di lapangan di mana selama ini hanya didapatkan melalui berbagai ilustrasi di dalam kelas. Mahasiswa akan mendapatkan kesempatan unik untuk merefleksikan dan dan mendiskusikan tentang pengembangan kepariwisataan di masa sekarang dan perencanaan pengembangan kepariwisataan di masa depan. Mahasiswa akan membuat laporan tertulis dari topik yang diberikan sebelum pelaksanaan kegiatan

TUJUAN KEGIATAN STUDI LAPANGAN (FIELD TRIP)

Kegiatan field trip ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kontekstual dan konseptual tentang fenomena kepariwisatan dan berbagai aktivitas pariwisata serta peran stakeholder dalam menyediakan elemen/fasilitas pendukung aktivitas kepariwisataan di sebuah destinasi pariwisata.

Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa sebagai calon stakeholder pengembangan kepariwisataan di masa depan terutama dalam kaitannya dalam pengembangan urban tourism yang berwawasan lingkungan dan yang berkelanjutan.

DESTINASI YANG DIKUNJUNGI

Pulau Kelor

 

Pulau Onrust

Pulau Cipir

 

Y. Maulana