Tourism B2021 Goes to Karimun Jawa

Binus Tourism Destination Fieldtrip ProgramĀ 

Program ini menguraikan perjalanan lapangan untuk mahasiswa program sarjana Destinasi Pariwisata Universitas Bina Nusantara untuk menjelajahi berbagai Objek daya tarik wisata sebagai praktik di lapangan untuk menambah wawasan keahlian pariwisata secara konseptual dan kontekstual untuk bidang kajian Eco-tourism.

Karimun Jawa adalah sebuah pulau yang letaknya di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Pesona wisata taman lautnya saat ini mulai digemari oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Terhitung tanggal 15 Maret 2001, Karimunjawa ditetapkan oleh Pemerintah Jepara sebagai Taman Nasional. Hal ini dikarenakan Karimunjawa merupakan rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, dan beberapa fauna langka seperti Elang Laut Dada Putih, Penyu Sisik, dan Penyu Sisik, sehingga sangat layak untuk di jadikan tempat field trip bagi mahasiswa.

Dalam pelaksanaan kegiatan field trip mahasiswa akan dibagi menjadi beberapa kelompok, berdasarkan tujuan fieldtrip diatas. Mereka diminta menyusun cek list, questionaire, sekaligus melakukan observasi dan survey langsung dilapangan dengan tujuan:

  • Mengidentifikasi criteria of nature-based tourism
  • Mengidentifikasi criteria of sustainability in local participation/benefits
  • Mengidentifikasi criteria of sustainability in conservation
  • Mengidentifikasi criteria of education
  • Mengidentifikasi criteria of Moral imperative