Share: Pengalaman Mengikuti Lomba Online

Pada tanggal 2 Mei 2020 kami bertiga (Anastasia, Kanadioni, dan Melody) memutuskan untuk mengikuti sebuah lomba Tour Package National Competition Hospitour 2020 yang diselenggarakan oleh Universitas Pelita Harapan dengan tema EARTH (Environment-friendly and Responsible Tourism Through Hospitality). Dapat dikatakan bahwa ini merupakan hal yang paling produktif selama kami menjalani masa study from home.

Dengan mengikuti lomba ini, kami belajar untuk menjalin komunikasi yang baik karena kami berasal dari daerah yang berbeda-beda. Komunikasi harus kami laksanakan secara online untuk membahas seluruh materi lomba agar hasil yang diberikan dapat memuaskan kita. Tidak hanya itu, dibutuhkan juga kerja keras, kesungguhan serta time management yang baik karena kami juga harus menyesuaikan jadwal satu sama lain selama di rumah saja.

Binus Tourism on Hospitour

Lomba tour package ini tentu juga memberikan kami berbagai informasi dan ilmu tambahan.  Mengikuti lomba ini, kami dihadapkan dengan banyak pesaing lomba dengan konten Tour Package yang menarik dan berasal dari berbagai Universitas ternama lainnya. Namun hal ini tidak menurunkan semangat kami, justru kami bisa melihat kekurangan dan kelebihan dari hasil Tour Package yang kami buat bersama serta bisa memberikan masukkan kepada tim lainnya.

Hal yang paling berkesan bagi kami adalah lomba Hospitour ini baru pertama kali diadakan secara online, secara tidak langsung kami ikut merasakan hal yang baru dengan mengikuti kompetisi secara online dan melakukan sesi tanya jawab secara online. Tetapi, rasa takut dan tegang yang muncul sepertinya sama saja dengan kompetisi face to face atau offline. Namun sekali lagi, ini sama sekali tak menggoyahkan semangat kami.
Di masa pandemi ini kami sebagai mahasiswa harus selalu aktif mengejar hal positif, salah satunya yaitu dengan mengikuti lomba yang bisa menambah wawasan kami terhadap ilmu yang sesuai dengan jurusan kami. Dengan mengikuti lomba ini, kami tidak sekedar mendapatkan ilmu dan pengalaman baru, tapi kami juga mendapatkan teman dan insight baru dari peserta maupun juri lomba ini. Oleh karena itu, untuk para pejuang study from home lainnya, tidak bertatap muka bukan berarti kalian tidak bisa belajar dan menuangkan kreativitas kalian. Cobalah untuk mengeksplor lebih banyak dan jangan takut untuk mencoba hal-hal baru!

“If you work hard enough and assert yourself, and use your mind and imagination, you can shape the world to your desires.” – Malcolm Gladwell, author.

Anastasia Bergita - Tourism Destination Student