Himpunan Mahasiswa Pariwisata Bina Nusantara Pertama

Berbeda dengan Universitas lain yang memiliki organisasi kemahasiswaan dalam bentuk BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) yang berdiri dari satu fakultas, Binus University membangun organisasi kemahasiswaan yang berdiri dari satu jurusan. Sehingga banyak himpunan yang berdiri di Binus University. Hal ini juga membuat mahasiswa dari setiap jurusan berlomba-lomba untuk membuat himpunan dari jurusan masing-masing untuk semakin maju.

Dalam pembentukan sebuah himpunan mahasiswa, membutuhkan partisipasi tinggi dari mahasiswa sendiri, karena himpunan merupakan kamar dalam rumah untuk mahasiswa setelah mereka masuk kedalam salah satu jurusan dalam perkuliahannya yang menjadi rumah untuk belajar. Pembentukan HIMPAR bukan saja hasil dari mereka yang menjadi pengurus pada periode kepengurusan pertama karena ada partisipasi dari beberapa Binusian 2022 yang tidak dapat menjadi pengurus karena beberapa kualifikasi yang belum terpenuhi. Namun hal ini juga bukan menjadi halangan untuk terus menjalankan HIMPAR karena aktifnya partisipasi dari mahasiswa lain.

Setelah banyak tahapan dalam proses pembuatan himpunan mahasiswa jurusan Pariwisata Universitas Bina Nusantara, akhirnya pada tanggal 27 Januari 2020 HIMPAR BINUS telah diresmikan dengan Surat Keputusan Rektor No : 003/ORG-MHS-UBN/I/2020. Adapun susunan kepengurusan tahun ini, dipenuhi oleh angkatan dari Binusian 2022 yang kami jabarkan sebagai berikut :

 

Sampai bulan November 2020, beberapa program kerja sudah terlaksana termasuk LDK Aktivis, LDK Pengurus, Benchmarking, P2M, dan juga TAMPAR 2.0. LDK Aktivis dan LDK Pengurus yang kami lakukan secara online bertujuan untuk membentuk karakter dasar para aktivis yang berasal dari Binusian 2023 yang pastinya akan menjadi calon pengurus pada periode selanjutnya. Adapun kegiatan LDK AKTIVIS dan juga LDK Calon Pengurus . Dilanjutkan oleh kegiatan Benchmarking yang dilakukan dengan Universitas Pelita Harapan dan juga kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan melalui kerja sama dengan 62 Organisasi Kemahasiswaan Universitas Bina Nusantara dalam wujud acara GEBRAK (Gerakan Binusian Beraksi 2020) yang diselenggarakan untuk mengumpulkan dana yang disalurkan untuk memenuhi biaya Covid-19 melalui website kitabisa.com, dana yang terkumpul selama 2 bulan sejumlah 22 juta. Terakhir kegiatan TAMPAR 2.0 yang merupakan singkatan dari Temu Akrab Mahasiswa Pariwisata yang diselenggarakan untuk menyambut mahasiswa dari Binusian 2024. Sebelumnya TAMPAR 1.0 dilaksanakan secara langsung berlokasi di Pulau Pari, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Kepungurusan periode 2020 akan berakhir pada bulan Maret 2021 dan akan dilanjutkan oleh periode kepengurusan selanjutnya yang dipimpin oleh Binusian 2023. Kira-kira siapa saja yang akan menduduki posisi kepengurusan baru HIMPAR? Tunggu jawabannya pada acara Himpar Election Day yang diselenggarakan tanggal 24 Oktober 2020 ya !

Jangan lupa untuk follow @himparbinus agar lebih tau update terbaru dari HIMPAR ya !

Olivia