Indonesia, negara yang terdiri dari berbagai pulau ini dalam bidang pariwisata cukup terkenal di mata dunia akan keindahan alamnya. Hampir seluruh orang di dunia mengenal dan tahu akan keindahan khatulistiwa. Meskipun di mata dunia yang paling terkenal dari Indonesia adalah Pulau Bali, tetapi sebenarnya masih banyak keindahan-keindahan luar biasa di Indonesia.

Namun di masa kini, berpergian travelling cukup menjadi masalah. Masa pandemi membuat kita khawatir dalam berpergian, dan juga resiko menemui orang lain. Physical distancing diterapkan dimana-mana. Kita tidak dapat berkumpul dengan orang atau kerabat, terutama dalam jumlah banyak. Berangkat dari hal ini membuat kami memikirkan ide yang cukup menarik, yaitu Virtual Tour Guide.

Virtual tour guide ini memiliki kelebihan dan solusi terutama untuk kedua persoalan diatas. Apabila kita menggunakan virtual tour guide kita tidak perlu bertemu secara langsung atau tatap muka sehingga physical distancing ataupun ketakutan menemui orang atau berinteraksi dengan orang lain di masa pandemi ini dapat teratasi. Melalui virtual tour guide ini, panduan pariwisata dapat dilakukan secara jarak jauh, sehingga tidak memerlukan satu pemandu untuk mendatangi dan mengulang lagi penjelasan, perjalanan ke destinasi wisata tertentu. Cukup dengan mengakses melalui gadget masing-masing, virtual tour guide ini dapat dilakukan dengan mudah oleh penggunanya. Menyesuaikan akan perkembangan teknologiĀ  di masa kini juga dimana semua orang sudah sangat memanfaatkan teknologi dalam segala hal dan tentunya teknologi ini menjadi hal yang menarik untuk kebanyakan orang.