The Idea of Sea Tomorrow

PENDAHULUAN

Indonesia merupakan negara yang memiliki luas lautan lebih besar dibandingkan dengan luas daratan yaitu satu pertiga luas daratan dan dua pertiga luas lautan. Negara kepulauan Indonesia merupakan yang terbesar di dunia dengan jumlah pulau 13.466, luas daratan 1.922.570 km² dan luas perairan 3.257.483 km² (Hidayat, 2015). Luasnya lautan Indonesia memberikan dampak besar dalam ekonomi dan manfaat yang baik bagi masyarakat Indonesia, salah satu fungsinya sebagai sumber kekayaan alam. Pusat Penelitian Oseanografi LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) menyatakan bahwa Indonesia merupakan pusat biodiversitas kelautan dengan keanekaragaman spesies biota laut yang sangat tinggi. Tetapi informasi mengenai kekayaan laut yang berlimpah menjadi tidak tersalurkan sebagai bahan edukasi bagi masyarakat luas (LIPI, 2018). Kurangnya pengetahuan masyarakat akan kehidupan dunia laut, salah satunya disebabkan kurangnya sarana pendukung yang dapat dikelola, eksplorasi, dan pemanfaatan yang maksimal mengenai kehidupan laut beserta isinya. Minat masyarakat dalam memelihara binatang laut dalam wadah akuarium atau kolam merupakan salah satu bukti adanya usaha manusia mendekatkan diri terhadap alam dan mempelajari kehidupan lain di luar dirinya, Untuk dapat mengungkapkan rahasia kehidupan laut, perlu adanya media yang tepat agar dapat diamati secara jelas dengan tidak meninggalkan unsur-unsur habitat aslinya.

Lautan Indonesia memiliki suatu peluang dan potensi yang dapat dimanfaatkan untuk kemajuan perekonomian Indonesia, salah satunya dengan menampilkanwisata akuatik. Wisata ini memberikan alternatif baru bagi dunia hiburan Indonesia. Wisata akuatik tidak hanya memberikan keindahan dunia diatas permukaan air tetapi juga keindahan dunia bawah air, baik perairan darat maupun laut. Selain itu, wisata akuatik tidak lagi hanya menampilkan keindahan fisik saja tetapi juga memberikan kualitas pelayanan layaknya industri jasa lainnya. Jasa wisata akuatik mungkin masih terdengar asing bagi beberapa orang, tapi ternyata salah satu altematif hiburan ini mampu memberikan pesona tersendiri bagi masyarakat yang tidak hanya mencari sebuah hiburan tetapi juga penyampaian unsur pendidikan (Darmaningsih, 2006).

Kehadiran Sea Tomorrow sebagai fasilitas rekreasi, edukasi, observasi dan konservasi biota laut, diharapkan dapat membawa dampak positif bagi masyarakat. Sea Tomorrow menampilkan wajah kekayaan biota laut Indonesia, sehingga menimbulkan kecintaan terhadap tanah air serta kekayaan alam yang terkandung di dalamnya, termasuk laut dan segala isinya. Masyarakat juga dapat menyaksikan dan menambah pengalaman mereka mengenai dunia bawah laut sekaligus menambah pengetahuan mereka mengenai spesies-spesies yang berada di alam. Sea Tomorrow hadir dengan rancangan konsep arsitektur futuristic dan teknologi yang canggih. Pengunjung yang berkunjung ke Sea Tomorrow, tidak perlu jalan kaki untuk mengitarinya. Karena Sea Tomorrow telah menyediakan kereta dan robot hologram sebagai pengganti guide untuk memberikan informasi mengenai keanekaragaman biota laut.

Lokasi perencanaan yang potensial bagi Sea Tomorrow akan dibangun di Kota Jakarta Utara, daerah PIK (Pantai Indah Kapuk) 2. Karena lokasi PIK 2 sangat strategis dan menjadi pusat wisatawan dari lokal maupun asing. Kondisi topografi memperlihatkan adanya faktor alam yang berupa laut, pesisir, serta daratan (Prawitaningrum, 2019). Peluang ini mendorong pertumbuhan kota Jakarta menjadi kota bisnis yang meningkatkan tuntutan kebutuhan akan sektor pariwisata dan hiburan. Dibangunnya suatu daya tarik wisata dapat memenuhi kebutuhan akan tempat rekreasi, edukasi, observasi dan konservasi biota laut dalam hal ini Sea Tomorrow dapat membantu meningkatkan sektor pariwisata, ekonomi dan pendidikan di kota Jakarta.

SEGMEN PASAR

Menurut Kotler dan Armstrong (2008), segmentasi pasar adalah membagi pasar menjadi kelompok-kelompok kecil dengan kebutuhan, karakteristik atau perilaku berbeda yang mungkin memerlukan produk atau bauran pemasaran tersendiri (Riadi, 2019). Dengan melakukan segmentasi pasar, maka suatu perusahaan bisa medapatkan banyak manfaat, seperti (Portal-ilmu, 2018) :

  • Perusahaan dapat menerapkan gagasan pemasaran dengan lebih jelas.
  • Perusahaan akan dapat mengatur produknya dengan lebih baik.
  • Perusahaan dapat menemukan dan membandingkan kesempatan pasar.
  • Perusahaan dapat mengelompokkan budget yang dimiliki secara tepat.
  • Perusahaan dapat menciptakan daya tarik di bidang pemasaran.
  • Perusahaan akan berada pada posisi yang lebih baik.

Dasar-dasar dari segmentasi pasar adalah klasifikasi kelompok pasar dasar yang harus ditentukan sebelum penentuan suatu segmen pasar. Dasar-dasar tersebut yang kemudian dapat digunakan sebagai pondasi dalam penyesuaian program pemasaran. Terdapat beberapa macam dasar segmentasi pasar menurut para ahli ekonomi yaitu sebagai berikut (Malik, 2019):

  1. Segmentasi Geografis: kegiatan atau upaya yang perlu dilakukan oleh perusahaan dalam membagi pasar berdasarkan unit geografis yang berbeda-beda antara segmen pasar satu dengan segmen pasar yang lainnya (berdasarkan asal negara, wilayah negara bagian, kabupaten, kota atau pemukiman).
  2. Segmentasi Demografis: kegiatan atau upaya yang perlu dilakukan oleh perusahaan dalam membagi pasar berdasarkan demografi atau biasa disebut dinamika kependudukan dengan melibatkan variabel segmen pasar tertentu yang dapat ditetapkan oleh perusahaan sebelumnya (berupa usia, gender, ukuran keluarga, siklus hidup keluarga, pendapatan, pekerjaan, pendidikan, agama, ras).
  3. Segmentasi Demografis: kegiatan atau upaya yang perlu dilakukan oleh perusahaan dalam membagi pasar berdasarkan demografi atau biasa disebut dinamika kependudukan dengan melibatkan variabel segmen pasar tertentu yang dapat ditetapkan oleh perusahaan sebelumnya (berupa usia, gender, ukuran keluarga, siklus hidup keluarga, pendapatan, pekerjaan, pendidikan, agama, ras).

Segmentasi pasar dari Sea Tomorrow secara geografis adalah masyarakat yang tinggal berada di daerah Jakarta. Sea Tomorrow berlokasi di PIK (Pantai Indah Kapuk) 2, Jakarta Utara, lokasi ini sangat strategis karena bedara di tengah-tengah antara Jakarta Barat dan Tangerang. Kawasan Pantai Indah Kapuk yang berlokasi di tengah Kecamatan Penjaringan, merupakan kawasan mandiri yang terkenal elit di Jakarta. Adanya akses jalan tol dari Bandara Soekarno-Hatta dan Jakarta Outer Ring Road menjadi penarik masyarakat untuk melirik kawasan ini (Maharani, 2016). Secara demografis, Sea Tomorrow merupakan tempat wisata yang sangat baik untuk keluarga dan anak-anak. Karena, di dalam Sea Tomorrow orang tua dan anaknya bisa bersama-sama untuk mempelajari banyak hal tentang kehidupan laut, mulai dari apa saja yang ada di laut, mengenal jenis binatang laut, hingga berinteraksi langsung dengan binatang laut. Di sisi lain, target pasarnya mayoritas perempuan karena desain yang diberi cukup instagramable. Untuk segmentasi psikografis, Sea Tomorrow ini diperuntukkan bagi para pecinta biota laut. Karena di dalam Sea Tomorrow, mereka bisa belajar menyayangi dan merawat aneka biota laut dengan cara yang baik dan benar.

MOTIVASI

Sea Tomorrow adalah tempat akuarium-akuarium besar untuk memelihara hewan dan biota-biota laut yang digunakan sebagai tempat untuk belajar sekaligus menjadi wahana rekreasi atau hiburan. Selain itu, berikut beberapa manfaat lain didirikannya Sea Tomorrow (Oesman, 2017) :

  • Sebagai tempat konservasi dan mempunyai peran global sebagai sarana pendidikan untuk mempelajari dan mengenal biota-biota laut yang hidup di daerah tertentu.
  • Sebagai tempat penelitian, menampilkan berbagai macam kehidupan bawah laut baik yang masih hidup maupun biota laut yang sudah mati untuk diteliti sebagai sarana untuk menambah pengetahuan.
  • Sebagai tempat rekreasi, menampilkan objek pamer berupa kehidupan laut yang disajikan dengan menggunakan kereta yang canggih.

Sebelum seseorang melakukan perjalanan wisata, pastinya mereka digerakkan oleh motivasi untuk melakukan wisata. Motivasi merupakan kebutuhan yang membuat seseorang melakukan tindakan tertentu untuk memuaskan kebutuhannya (Lay, 2013). Motivasi seseorang untuk melakukan perjalanan wisata dipengaruhi oleh kuatnya faktor-faktor pendorong (push factor) dan faktor-faktor penarik (pull factor). Faktor pendorong umumnya bersifat sosial-psikologis, atau merupakan person-specific motivation, sedangkan faktor penarik merupakan destination-specific attributes (Wibisono, 2013).

Berikut adalah beberapa faktor pendorong (push factor) bagi seseorang untuk melakukan perjalanan wisata ke Sea Tomorrow:

  • Mencari sesuatu yang baru dan menarik
  • Untuk bertemu dengan orang baru
  • Memperdalam pengetahuan
  • Untuk rileks dan memanjakan diri
  • Untuk melepaskan diri sejenak dari stress dan rutinitas sehari-hari
  • Untuk menikmati perjalanan dan bersenang-senang
  • Untuk mengunjungi tempat yang belum pernah dikunjungi
  • Untuk membagikan pengalaman setelah pulang ke rumah
  • Untuk menghabiskan waktu dengan pasangan, keluarga, dan teman
  • Untuk memenuhi impian dalam mengunjungi suatu destinasi

Berikut adalah faktor penarik (pull factor) yang dimiliki oleh Sea Tomorrow:

  • Aktivitas untuk keluarga
  • Harga yang terjangkau
  • Keamanan dan kenyamanan yang terjamin
  • Gambaran tujuan wisata yang positif
  • Kebersihan tujuan destinasi wisata dan lingkungan sekitar
  • Kualitas tempat wisata dan fasilitas yang baik
  • Sistem informasi wisata yang teratur dan mudah didapat

PENENTUAN POSISI & GAMBAR

Sea Tomorrow sangat mengutamakan kepuasan para pengunjung, namun untuk mencapai kepuasan pengunjung tidaklah mudah, karena setiap pengunjung memilik tingkat kepuasan yang berbeda-beda walaupun berada di tempat wisata yang sama. Proses pemenuhan kepuasan pengunjung tidak hanya membutuhkan produk atau jasa yang berkualitas saja, tetapi juga membutuhkan adanya sistem pelayanan yang mendukung. Sehingga para pengunjung akan merasa senang dengan produk atau jasa yang diberikan, serta nyaman dengan pelayanan yang diberikan. Maka dari itu, berikut adalah beberapa strategi dari Sea Tomorrow untuk meningkatkan kepuasan pengunjung :

  • Pengunjung yang berkunjung ke Sea Tomorrow tidak perlu jalan kaki untuk mengitari tempat ini. Karena di dalam Sea Tomorrow, kami menggunakan kereta agar para pengunjung tidak merasa kelelahan.
  • Di kereta tersebut juga terdapat robot hologram yang akan memberikan penjelasan informasi yang mudah dipahami kepada para pengunjung. Dengan adanya robot ini membuat Sea Tomorrow hadir sebagai wahana air dengan tujuan wisata edukatif bagi seluruh kalangan dengan cara yang modern.
  • Setiap harinya para petugas juga akan selalu memeriksa kualitas kereta, robot hologram dan fasilitas lainnya agar Sea Tomorrow bisa memberikan tempat yang berkualitas dan bebas dari kerusakan ataupun kecacatan saat beroperasi
  • Memberikan nilai lebih kepada pengunjung setia, seperti memberikan diskon khusus, hadiah dan juga pelayanan khusus
  • Memberikan program diskon yang menarik bagi seluruh pengunjung yang ingin berlibur di Sea Tomorrow saat liburan, seperti natal, tahun baru, hari raya idul fitri.

Positioning adalah upaya untuk membangun kepercayaan dimata konsumen bahwa tempat wisata kita memang layak dipercaya dan kompeten. Maka dari itu, Sea Tomorrow memiliki tujuan untuk memenuhi kepuasan pengunjung secara optimal, agar mempunyai daya saing tinggi di pasar. Penerapan positioning yang dilakukan Sea Tomorrow adalah dengan memberikan suvenir sebagai tanda terima kasih berupa pulpen, gantungan kunci dan tote bag untuk para pengunjung yang sudah datang ke Sea Tomorrow. Suvenir ini diberikan agar pengunjung merasa senang dan selalu mengingat kenang-kenangan indah mereka selama berada di Sea Tomorrow. Selain sebagai kenang-kenangan, berikut ini adalah fungsi lain dari pemberian suvenir di Sea Tomorrow (Jncipta, 2017):

  • Sarana untuk Mengenalkan Tempat Wisata

Salah satu cara memperkenalkan tempat wisata, yaitu melalui promosi. Dalam promosi, diperlukan media yang tepat agar calon pengunjung selalu mengingat tempat tersebut. Media tersebut bisa dalam bentuk berupa suvenir.

  • Membangun Citra Positif

Pemberian suvenir menunjukkan keberadaan dan harapannya pada calon pengunjung. Dari suvenir ini orang pun bisa menilai mutu dari Sea Tomorrow.

  • Memikat Hati Calon Pembeli

Jika kita berusaha untuk mempersembahkan tempat wisata yang terbaik, tanpa diminta pengunjung akan mendekati kita. Suvenir merupakan langkah awal untuk menunjukkan kualitas dari Sea Tomorrow.

Apabila tempat wisata kita sudah dipercaya oleh pengunjung, maka secara langsung Sea Tomorrow telah memberikan suatu kepuasan bagi para pengunjung, kepuasan pengunjung merupakan modal dasar bagi Sea Tomorrow yang dapat memberikan manfaat, diantaranya yaitu, hubungan antara Sea Tomorrow dengan pengunjung menjadi lebih harmonis, memberikan dasar yang baik bagi pengunjung untuk melakukan pembelian ulang, terciptanya loyalitas pengunjung dan membentuk suatu rekomendasi dari mulut ke mulut (Word of mouth) yang menguntungkan Sea Tomorrow (Gunawan, 2013).

TATA LETAK & ORIENTASI

Gambar 1. Lobi Utama Sea Tomorrow

Sea Tomorrow memiliki luas area sebesar 2,5 hektar tetapi untuk luas bangunan utamanya sebesar 3.000 m². Bangunan utama ini terdiri dari akuarium, lobi dan resepsionis area, restoran, tempat suvenir serta fasilitas lainnya seperti coffee shop. Pada saat memasuki Sea Tomorrow para pengunjung akan berada di lobi utama yang sangat luas dan juga lobi ini di desain dengan tema yang futuristic. Pada bagian lobi utama ini terdapat banyak spot yang bisa dijadikan sebagai spot foto oleh para pengunjung yang cukup instagramable. Selain itu, untuk memberikan rasa nyaman bagi para pengunjung, di dalam lobi utama Sea Tomorrow kami juga memberikan beberapa AC (Air Conditioner) yang tersebar di beberapa titik untuk memberikan kesan ruangan yang nyaman dan juga sejuk bagi para pengunjung.

Gambar 2. Tempat Pembelian Tiket Masuk dan Ruang Tunggu Sea Tomorrow

Gambar 3. Tempat Pembelian Tiket Masuk Sea Tomorrow

Gambar 4. Ruang Tunggu Sea Tomorrow

Di lobi utama Sea Tomorrow terdapat tempat pembelian karcis atau tiket masuk, dimana para pengunjung bisa membeli tiket untuk masuk ke dalam akuariumnya. Lalu terdapat juga tempat duduk yang disediakan untuk para pengunjung yang ingin menunggu gilirannya untuk masuk ke dalam akuarium atau untuk menunggu antrian pembelian tiket. Selain itu, tempat duduk ini juga bisa digunakan sebagai tempat untuk bersantai sejenak.

Gambar 5. Restaurant dan Toilet di Sea Tomorrow

Sea Tomorrow menyediakan sebuah restoran, restoran ini menjual berbagai macam makanan, mulai dari makanan berat sampai dengan makanan ringan agar para pengunjung tidak kesusahan dalam mencari atau menemukan tempat makan. Selain itu, disana juga terdapat minimarket yang menjual snack atau makanan ringan dan berbagai kebutuhan lainnya. Lalu di sekitaran restoran ini terdapat tempat yang menjual suvenir dari Sea Tomorrow dan toilet yang dapat digunakan oleh para pengunjung.

Gambar 6. Akuarium Sea Tomorrow

Sea Tomorrow menawarkan pengalaman yang berbeda dalam mengelilingi dan melihat berbagai biota laut. Di tempat lain, pengunjung akan berjalan kaki untuk mengitari akuarium-akuariumnya. Namun pada Sea Tomorrow, pengunjung akan menaiki kereta untuk mengelilingi akuarium ini. Dengan adanya kereta ini, juga memudahkan para penyandang disabilitas untuk mengelilingi akuarium.  Satu kereta ini dapat dinaiki oleh 8 orang untuk satu gerbong keretanya, dan kami juga menambahkan sebuah teknologi pada kereta ini agar membuat para pengunjung lebih tertarik yaitu kereta ini dilengkapi dengan teknologi robot hologram yang akan muncul didepan setiap bangku kereta. Robot hologram tersebut akan menjelaskan tentang berbagai informasi biota laut yang kita lihat pada akuarium Sea Tomorrow ini. Robot hologram ini akan muncul dengan sendirinya pada saat kereta mulai berjalan, robot hologram itu sendiri juga berfungsi sebagai guide yang akan memandu dan juga menemani perjalanan para pengunjung dalam mengelilingi akuarium tersebut. Bentuk dari keretanya sendiri seperti pada gambar diatas akan tetapi pada bagian bawah kereta akan dibuat transparan dengan tujuan agar para pengunjung dapat melihat bagian dasar dari akuarium. Kereta pada Sea Tomorrow sendiri sudah dibuat dengan desain yang sangat nyaman dan juga aman digunakan oleh para pengunjung, jadi para pengunjung tidak perlu khawatir saat menaiki kereta ini.

Gambar 7. Visitor Map Sea Tomorrow

Gambar diatas merupakan visitor map atau bentuk denah dari Sea Tomorrow. Berikut ini adalah penjelasan singkat dari visitor map tersebut :

  • Warna biru muda pada visitor map merupakan daya tarik atau atraksi utama pada Sea Tomorrow yaitu tempat akuarium yang akan dijelajahi oleh para pengunjung, lalu garis yang berada di dalam akuarium tersebut merupakan jalur kereta untuk mengitari akuarium tersebut.
  • Warna abu-abu tua pada visitor map merupakan restaurant area dimana para pengunjung bisa membeli berbagai macam makanan serta minuman di Sea Tomorrow.
  • Warna hijau muda pada visitor map merupakan tempat lobi utama Sea Tomorrow dan juga sebagai tempat pembelian tiket masuk akuarium bagi para pengunjung
  • Warna krem pada visitor map merupakan retail area atau tempat minimarket yang menjual mulai dari makanan ringan sampai berbagai kebutuhan lainnya. Di daerah ini juga terdapat tempat penjualan suvenir dari Sea Tomorrow
  • Warna kuning pada visitor map merupakan area tunggu bagi para pengunjung yang ingin menunggu gilirannya untuk masuk ke dalam akuarium dan juga sebagai tempat untuk bersantai sejenak
  • Warna hitam pada visitor map adalah coffee shop area, yang bisa dijadikan tempat bersantai setelah masuk kedalam akuarium Sea Tomorrow
  • Warna biru tua pada visitor map merupakan tempat masuk bagi para pengunjung ke dalam Sea Tomorrow.
  • Warna abu-abu muda pada visitor map adalah fasilitas toilet yang bisa digunakan oleh para pengunjung.
  • Warna ungu pada visitor map merupakan loket tiket untuk para pengunjung yang ingin membeli tiket masuk ke akuarium

Lalu pada visitor map terdapat warna hijau tua, warna tersebut merupakan taman dengan berbagai pepohonan dan yang berwarna biru tua merupakan sungai atau danau buatan, kedua hal tersebut adalah untuk memperindah lingkungan sekitar area Sea Tomorrow agar terlihat lebih asri dan juga indah.

PENGALAMAN  & KEPUASAN

Secara etimologis, istilah desain berasal dari bahasa Inggris, yaitu “Design” yang berarti reka rupa, rencana, atau rancangan. Dalam proses desain akan memperhitungkan berbagai aspek, seperti; estetika, fungsi dan berbagai aspek lain yang diperoleh dari riset dan pemikiran manusia. Berikut ini merupakan fungsi design, yaitu (Alex, 2020) :

  • Merupakan sebuah proses untuk membuat atau menciptakan obyek baru.
  • Merupakan sebuah ilmu pengetahuan dan wawasan kepada manusia supaya bisa mengerti bentuk dalam bentuk penggambaran bidang, ruang, susunan, konfigurasi, komposisi, nilai dan sebagainya.
  • Merupakan sebuah alat untuk mengkomunikasikan suatu karya cipta baru seorang desainer kepada masyarakat umum.
  • Merupakan sebuah wadah untuk menampilkan objek-objek kepada masyarakat dengan suatu gambaran ataupun nyata.

Seperti penjelasan diatas mengenai makna desain yang menunjukkan suatu objek yang pertama kali dilihat oleh penglihatan manusia dan divisualisasikan. Begitu pula dengan konsep desain Sea Tomorrow yang sangat kental dengan futuristic yang menyediakan robot hologram sebagai pemandu yang memiliki perbedaan daripada pemandu seperti biasanya. Sea Tomorrow memiliki desain yang dapat memukau para pengunjung dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan dengan adanya desain yang menarik, robot, ilmu pengetahuan tentang biota laut dan lainnya. Sea Tomorrow memiliki gaya fasilitas yang memberikan kepuasan terhadap pengunjung dengan memberikan beberapa pengalaman yang menarik dan pastinya memiliki ciri khas sendiri seperti hal berikut :

  • Pendidikan

Pendidikan memberikan banyak pelajaran dan hal baru dalam segala hal teurtama di Sea Tomorrow, Sea Tomorrow memberikan ilmu pengetahuan tentang biota laut dengan menyediakan robot hologram di kereta sebagai pemandu wisata yang bersedia untuk menjelaskan ilmu seputar biota laut maupun tentang Sea Tomorrow. Kegiatan di Sea Tomorrow dapat memberikan pengalaman dalam pendidikan dengan hal baru dan bergaya modern dengan banyaknya pembelajaran yang jarang ditemui.

  • Estetika

Estetika memberikan suatu suguhan fisik yang memiliki keindahan yang dapat dilihat dan dirasakan oleh manusia dalam segala bentuk, warna maupun tempat. Dengan adanya estetika, para wisatawan berbondong-bondong untuk mendokumentasikan suatu keindahan tersebut menggunakan kamera profesional maupun kamera handphone. Sea Tomorrow memiliki spot foto yang indah dan dapat memperindah feeds Instagram terutama bagi kaum anak muda dengan adanya akuarium yang dihiasi oleh biota laut pun dapat menjadikan suatu gaya yang beragam untuk wisatawan.

  • Hiburan

Hiburan merupakan sesuatu perbuatan atau perkataan yang dapat menghibur perasaan baik dalam bentuk tempat wisata, musik, film maupun lainnya dan setiap masing-masing pribadi memiliki cara tersendiri bagaimana cara mereka melupakan kesedihan atau sebagainya. Sea Tomorrow memiliki cara untuk memiliki interaksi bersama pengunjung seperti pada hari libur nasional maupun hari libur panjang, maka dari pihak Sea Tomorrow akan memberikan aksi pertunjukkan menyelam ke akuarium besar bersama pengunjung yang berani atau telah menghubungi pihak Sea Tomorrow dan menyediakan menginap 1 (satu) malam di depan akuarium besar yang terdapat banyaknya biota laut.

Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara kinerja (hasil) produk yang dipikirkan terhadap kinerja (hasil) yang diharapkan. Jika kinerja berada dibawah harapan, pelanggan tidak puas. Jika kinerja memenuhi harapan, pelanggan puas. Jika kinerja melebihi harapan, pelanggan amat puas atau senang (Kotler, 2003) (Suastuti, 2012). Tingkat kepuasan wisatawan memiliki tingkat yang berbeda secara pribadi baik dari segi kepuasan akan suasana lokasi, spot foto atau menjangkau lokasi wisata tersebut dan tingkat kepuasan wisatawan pun sangat berpengaruh terhadap kelangsungan perkembangan lokasi wisata demi berjalannya perekonomian dan kemajuan untuk mengembangkan lokasi wisata lebih baik kedepannya. Berikut cara Sea Tomorrow mengatasi berbagai kepuasan demi wisatawan :

  • Mengelola dan menangani keluhan demi meningkatkan kepuasan melalui perilaku karyawan

Sea Tomorrow pastinya memberikan training terlebih dahulu kepada karyawan untuk bersikap sopan dan ramah kepada setiap pengunjung dengan tidak memandang usia maupun gender. Cara kami agar hubungan karyawan dan pengunjung terjalin dengan baik ialah kami memberikan QR code/kuesioner penilaian untuk pengunjung yang berisikan bagaimana cara karyawan kami memperlakukan wisatawan dan presentase nilai kepuasan terhadap pelayanan karyawan kami. Dari QR code/kuesioner tersebut, kami dapat menilai/memperbaiki kekuatan kualitas karyawan dan saran untuk memperbaiki pelayanan kedepannya.

  • Memastikan karyawan berada di posisi yang tepat untuk memberikan pengalaman berkualitas tinggi.

Seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya, Sea Tomorrow akan memberikan waktu trainee untuk lebih mengenal perilaku karyawan atau kemauan karyawan dan pastinya Sea Tomorrow akan memberikan posisi kepada karyawan sesuai kemampuan masing-masing dan diberikan penjelasan mengenai wawasan tentang terbentuknya Sea Tomorrow maupun fasilitas Sea Tomorrow agar wisatawan memiliki pengetahuan yang terjamin.

  • Mendorong bisnis yang berulang untuk mengembangkan hubungan yang berkelanjutan dengan pengunjung.

Sea Tomorrow akan memberikan keuntungan kepada pengunjung setia mengunjungi Sea Tomorrow atau yang turut mempromosikan kepada teman, keluarga atau sosial media. Demi berjalannya bisnis yang berkelanjutan dan berhubungan baik dengan wisatawan, maka Sea Tomorrow akan memberikan diskon khusus, hadiah dan juga pelayanan khusus untuk pengunjung setia Sea Tomorrow.

  • Membantu pengunjung membuat dan mengingat kenangan positif tentang pengalaman mereka.

Dengan memiliki karyawan yang memiliki kualitas tinggi dan memiliki ilmu pengetahuan yang luas dapat membantu kemajuan wisatawan kedepannya seperti Sea Tomorrow memberikan berbagai macam kenangan agar wisatawan merasa nyaman dan akan kembali lagi bersama teman maupun keluarga. Sea Tomorrow akan siap membantu wisatawan jika kesulitan menemukan spot foto maupun informasi yang dibutuhkan oleh wisatawan dan juga dengan keramah-tamahan karyawan dapat membuat wisatawan mengingat hal positif yang diberikan Sea Tomorrow dari perilaku karyawan tersebut.

KESIMPULAN

World Economic Forum pada 2016 menyatakan ada lebih dari 150 juta ton plastik di samudra planet ini. Tiap tahun, 8 juta ton plastik mengalir ke laut (Damarjati, 2018). Karena sampah-sampah itu terus membunuh makhluk hidup di lautan, maka misi sosial dari Sea Tomorrow adalah kami akan merawat dan menjaga beberapa biota laut agar jauh dari pencemaran limbah laut maupun bahan-bahan kimia pabrik. Sea Tomorrow akan memprioritaskan biota laut yang sudah hampir punah maupun biota laut yang sering terancam keberadaanya akibat pencemaran laut.

Sea Tomorrow adalah sebuah tempat wisata yang berisi akuarium-akuarium besar yang di dalamnya terdapat berbagai biota laut. Kami memilih nama Sea Tomorrow karena sesuai dengan tema tempat kami yang menyuguhkan tema futuristic. Sea Tomorrow mengandung arti melihat biota laut di akuarium dengan nuansa masa depan, Tomorrow yang dimaksudkan disini ialah hari esok atau masa depan yang kita tidak tahu kedepannya munculnya berbagai macam jenis inovasi maupun biota laut. Sea Tomorrow menghadirkan sebuah inovasi berupa kereta dan robot hologram sehingga membuat Sea Tomorrow hadir sebagai wahana air dengan tujuan wisata edukatif bagi seluruh kalangan dengan cara yang modern. Dengan hadirnya kereta dari Sea Tomorrow diharapkan dapat membantu para pengunjung untuk tidak merasa kelelahan saat mengitari tempat wisata ini. Di dalam kereta tersebut juga terdapat robot hologram, cara kerja robot hologram yang akan kami implementasikan di kereta tersebut akan diusahakan semudah mungkin penjelasannya agar para pengunjung juga mudah memahaminya. Perlu diingat kembali bahwa robot hologram yang akan kami hadirkan memiliki fungsi sebagai pengganti guide yang akan menjelaskan semua tentang aneka biota laut yang ada di dalam Sea Tomorrow.

Ide kami terhadap robot hologram ini adalah menggunakan sistem baterai seperti baterai yang ada di handphone pada umumnya dan memiliki daya tahan baterai yang tahan lama. Robot hologram akan bekerja selama baterai masih dalam kisaran 1% hingga 100%. Dan apabila baterai menunjukan angka 0% otomatis akan berhenti bekerja. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi robot hologram yang tidak bekerja pada saat diperlukan, maka jika baterai sudah menyentuh angka 30% Robot hologram akan otomatis segera diisi daya baterainya kembali menggunakan listrik yang sudah disediakan di dalam kereta tersebut.

Kami juga berencana bahwa, setiap harinya para petugas juga akan selalu memeriksa kualitas kereta, robot hologram dan fasilitas lainnya. Dengan pemeriksaan rutin ini, diharapkan Sea Tomorrow selalu bisa memberikan tempat yang berkualitas dan bebas dari kerusakan saat beroperasi sehingga membuat pengunjung percaya pada kualitas yang diberikan oleh Sea Tomorrow. Di masa pandemic ini, kami juga mengimplementasikan prosedur kesehatan dan keselamatan dalam setiap aspek demi kenyamanan para pengunjung. Kami memastikan pembersihan dan penyemprotan disinfektan dilakukan di setiap sudut Sea Tomorrow. Pada saat weekend, Sea Tomorrow akan menampilkan Underwater Parade. Dimana akan ada pertunjukan dari putri duyung menari dengan lumba-lumba dan pada akhir acara putri duyung tersebut akan mengingatkan wisatawan untuk tetap jaga jarak dan kesehatan melalui sebuah banner.

DAFTAR PUSTAKA

Alex, P. (2020, September 21). Desain Adalah. Diambil kembali dari https://pengajar.co.id/desain-adalah/

Damarjati, D. (2018, November 24). Data Mengerikan soal Sampah Plastik di Lautan. Diambil kembali dari https://news.detik.com/berita/d-4315147/data-mengerikan-soal-sampah-plastik-di-lautan

Darmaningsih, P. N. (2006). TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG OBJEK WISATA SEA WORLD INDONESIA.

Gunawan, A. I. (2013, September). PENGARUH BRAND POSITIONING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SURAT KABAR PIKIRAN RAKYAT. Jurnal Ilmiah Pend. Ekonomi.

Hidayat, A. W. (2015). Perencangan Oceanarium di Semarang dengan Pendekatan Konsep Arsitektur Metafora.

Jncipta. (2017, April 26). 5 Manfaat Souvenir Perusahaan dalam Kegiatan Promosi . Diambil kembali dari https://www.totalgiftsindonesia.com/5-manfaat-souvenir-perusahaan-dalam-kegiatan-promosi/

Lay, O. D. (2013). FAKTOR PENDORONG DAN FAKTOR PENARIK WISATAWAN SURABAYA MELAKUKAN PERJALANAN WISATA KE PENANG, MALAYSIA TERISTIK DAN MOTIVASI WISATAWAN BERKUNJUNG KE PANTAI GREEN BOWL, UNGASAN, KUTA SELATAN, BALI. Jurnal Analisis Pariwisata.

LIPI. (2018). Riset Laut Dalam untuk Petakan Potensi Laut Indonesia. Diambil kembali dari http://www.oseanografi.lipi.go.id/shownews/191

Maharani, K. (2016, Juli 29). Di Balik Kemewahan Kawasan Pantai Indah Kapuk. Diambil kembali dari https://www.rumah.com/berita-properti/2016/7/131678/di-balik-kemewahan-kawasan-pantai-indah-kapuk

Malik, M. (2019, 9). Pengertian Segmentasi Pasar Adalah : Contoh, Tujuan, Manfaat, dan Macam – Macamnya. Diambil kembali dari https://www.kudupinter.com/2019/09/segmentasi-pasar-adalah-pengertian.html

Oesman, S. (2017). TINJAUAN UMUM OCEANARIUM.

Portal-ilmu. (2018). PENGERTIAN, TUJUAN, MANFAAT, DAN SYARAT SEGMENTASI PASAR (SEGMENTASI PASAR SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN). Diambil kembali dari https://portal-ilmu.com/segmentasi-pasar-sebagai-strategi-pemasaran/

Prawitaningrum, R. (2019, April 16). Sambut Milenial, PIK 2 Siapkan Beragam Fasilitas Menarik. Diambil kembali dari https://finance.detik.com/properti/d-4510923/sambut-milenial-pik-2-siapkan-beragam-fasilitas-menarik

Riadi, M. (2019, Desember 6). Segmentasi Pasar (Pengertian, Tujuan, Dasar, Tahapan dan Hambatan). Diambil kembali dari https://www.kajianpustaka.com/2019/12/segmentasi-pasar-pengertian-tujuan-dasar-tahapan-dan-hambatan.html

Suastuti, N. L. (2012). FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN WISATAWAN TERHADAP PRODUK FREESTANDING RESTAURANT DI KAWASAN PARIWISATA NUSA DUA – KABUPATEN BADUNG.

Wibisono, J. (2013, 11 9). MOTIVASI BERWISATA DAN FAKTOR PENARIKNYA. Diambil kembali dari https://jeffreywibisono.com/motivasi-berwisata-dan-faktor-penariknya/

Anastasia Bergita; Wendy Puisetya; Melvern Ivan; Velya Zefanya; Lady Fortuna; Michael Juan; Sheren Angela; Editor: HU