Pengambilan Keputusan Berwisata berdasarkan Pengaruh Media Sosial

Penelitian yang dilakukan pada bulan Februari 2020 ini bertujuan untuk melihat apakah media social dapat memengaruhi keputusan wisatawan dalam berwisata. Penelitian ini menggunakan model AIDA (Attention, Interest, Desire, dan Action) untuk melihat bagaimana respon wisatawan terhadap media promosi pariwisata yang ada di media sosial. Media sosial menjadi satu bagian penting dalam pengembangan pariwisata, terutama di Indonesia, karena 56% populasi di Indonesia menggunakan media sosial (Wearesocial.com, 2019). Oleh karena itu, hal ini menjadi peluang besar bagi pengembangan pariwisata khususnya dalam pengembangan promosi.

Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menyebarkan kuesioner online melalui google form, dimana didapatkan 100 orang yang menggunakan media sosial secara aktif dan juga aktif berwisata. Setelah data yang dibutuhkan terkumpul, dilakukan uji t test dengan bantuan software SPSS. Melalui uji t-test, didapatkan bahwa media sosial efektif dalam mempengaruhi keputusan wisatawan dalam berwisata. Namun, respon pengguna media sosial cenderung menurun dari perhatian (attention), ketertarikan (interest), keinginan (desire), dan aksi (action).
Hasil penelitian ini telah dipresentasikan dalam ICIMTECH Conference pada Agustus 2020.

Fithria Khairina Damanik