FOCUS GROUP DISCUSSION : NEW VISION, MISSION, & CURRICULUM 2021 – 2035 BINUS TOURISM DESTINATION

Perubahan kurikulum di perguruan tinggi merupakan aktivitas rutin yang harus dilakukan sebagai tanggapan terhadap perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), kebutuhan masyarakat), serta kebutuhan pengguna lulusan. Kurikulum seharusnya mampu  menterjemaahkan bagian integral dari visi misi Universitas Bina Nusantara yang dibuat oleh program studi agar dapat membawa universitas itu sendiri menjadi terkemuka dan berdaya saing di bidang unggulan universitasnya.

Pada 20 Maret 2021, Binus Tourism telah mengadakan focus group discussion yang berlangsung selama tiga jam melalui zoom meeting. FGD ini menghadirkan narasumber dari berbagai industri pariwisata, profesional, akademisi, pemerintahan, mahasiswa pariwisata dan orang tua mahasiswa. Hadir diantaranya adalah Ibu Indarwati Aminuddin Msc, dari World Bank; Bapak Dr. Ir. Heru Purboyo Hidayat Putro, DEA. kepala P2PAR ITB; Mas Benarivo Triadi Putra selaku CEO Atourin Digital Tourism Platform; Bapak Basuki Antariksa dari KEMENPAREKRAF; dan pembicara lainnya yang bisa dilihat pada tabel dibawah ini.

Nama Jabatan/ Instansi
Basuki Antariksa Asisten Deputi Penelitian dan Pengembangan Kebijakan Kepariwisataan

Direktorat Kajian Strategi – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Harry Founder Invendo
Sumarwoto Jelajah Pangandaran
Benarivo Triadi Putra CEO Atourin
Arry WS HUMAS and HC Manager Kaldera
Surahmat Ketua Kompepar Desa Campakamulya
Edi Rusmiadi Pokdarwis Pangandaran
Joseph Thio (Antonious Malvin) Orang Tua Mahasiswa
Anggun Nugraha Tourism Planner
Indarwati Aminuddin World Bank
Heru Purboyo Hidayat Putro Kepala Pusat Perencanaan dan Pengembangan Kepariwisataan ITB
Jajang Gunawijaya KABID SOSHUM Prog. Pendidikan Vokasi UI Universitas Indonesia
Herry Sigit Dosen Destinasi Pariwisata Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung
Aziean Jamin UiTM
Giovarna Chang Alumni
Shearen Alumni
Olivia Mahasiswa
Rinaldo Lesmana Mahasiswa

Focus group discussion ini memiliki tujuan untuk memantapkan visi misi yang akan dijalankan Binus Tourism berdasarkan visi misi baru Binus Tourism dikarenakan visi misi world class tourism yang sudah habis di tahun 2020. Kegiatan FGD tersebut mengundang perwakilan  dari pemerintah, industri, dan komunitas yang bersangkutan serta perwakilan mahasiswa, alumni dan orangtua siswa Binus Tourism sebagai narasumber dalam FGD ini. FGD ini dimulai dari penyambutan serta penjelasan mengenai visi misi yang sudah ada dari ketua jurusan Binus Tourism, Wendy Purnama Tarigan, A.Md, S.E, M.M, M.B.A. Kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dibagi menjadi tiga sesi yaitu,

  1. Visi dan Misi Program Objektif (2021-2035)
  2. Student Outcome
  3. Kurikulum 2021-2035.

Selama diskusi berlangsung, setiap perwakilan turut aktif dalam memberikan masukan beserta komentar masing-masing pihak mengenai kurikulum Binus Tourism Destination. Mulai dari pendapat terhadap visi misi yang sudah ada di kurikulum sebelumnya, harapan para perwakilan terhadap lulusan Binus Tourism hingga pentingnya internship dalam sudut pandang industri. Masukan dan komentar yang telah diterima para dosen Binus Tourism selama FGD berlangsung ini  akan menjadi bahan pertimbangan dalam memantapkan visi misi baru yang akan dijalankan Binus Tourism kedepannya.

Jesisca