Tiga Permata Warisan Alam di Sulawesi Utara

Artikel ini ditulis oleh mahasiswa / Binusian 2025 Destinasi Pariwisata Semester Satu (Tahun Perkuliahan 2021/2022) untuk mata kuliah Indonesian Culture, History, and Heritage: Gregorious Airlangga Gunawan, Citra Merry Rumaropen, dan Patricia Amanda, dan di-edit oleh dosen mata kuliah bersangkutan, Teguh Amor Patria. Artikel dibuat sebagai tugas untuk mata kuliah terkait dan tidak bersifat komersial.

Sulawesi adalah pulau terbesar keempat di Kepulauan Sunda, dan merupakan pulau terbesar ke-11 di dunia. Sulawesi memiliki banyak sekali destinasi wisata yang berhubungan dengan alam, seperti gunung, hutan, dan wisata bawah laut yang cukup terkenal di kalangan internasional.

Destinasi pertama yang kami kunjungi adalah Bunaken. Destinasi wisata yang satu ini merupakan sebuah pulau seluas 8,08 kmdi Teluk Manado, Sulawesi Utara. Pulau Bunaken dapat ditempuh dengan kapal cepat sekitar 30 menit dari pelabuhan Kota Manado. Pulau Bunaken menghadirkan wisata bawah laut yang cukup menarik bagi kalagan wisatawan mancanegara.

Bunaken (sumber gambar: http://www.travelmarbles.com/wp-content/uploads/2018/08/northsulawesi-11.jpg, 2018)

Air terjun Tunan merupakan destinasi wisata yang terletak di Desa Talawan, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara. Air terjun Tunan merupakan air terjun tertinggi di Sulawesi Utara dengan ketinggian kurang lebih 86 meter.

Air Terjun Tunan sumber gambar: http://www.travelmarbles.com/wp-content/uploads/2018/08/northsulawesi-11.jpg, 2018)

Danau Linouw merupakan danau vulkanik yang terbentuk karena letusan gunung 500.000 tahun yang lalu. Danau Linouw berjarak 30 km dari Kota Manado, yang terletak di luar Tomohon, Manado, Sulawesi Utara.

Danau Linouw (sumber gambar: http://www.travelmarbles.com/wp-content/uploads/2018/08/northsulawesi-11.jpg, 2018)