Hidden Gem di Kabupaten Bandung

Di tengah perkembangan pariwisata di Indonesia saat ini, banyak sekali objek wisata di suatu daerah atau destinasi bermunculan. Beberapa objek wisata bermunculan karena memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitarnya sebagai daya tarik wisatanya, seperti lingkungan alam sekitarnya, kebudayaannya, sejarahnya, dan bahkan suatu monumen dapat menjadi sebuah daya tarik wisata. Banyak orang melakukan perjalanan wisata dengan tujuan untuk menghabiskan waktu luangnya, mencari pengalaman baru, bahkan melarikan diri sejenak dari rutinitas sehari-hari. Fenomena menambahkan perjalanan wisata sebagai kebutuhan pokok masyarakat, pesatnya perkembangan sektor industri pariwisata, terjangkaunya biaya berwisata oleh seluruh lapisan masyarakat, serta tingginya tuntutan masyarakat untuk mendapatkan pengalaman baru dari gaya hidup konsumtif, telah menjadi fenomena masyarakat hampir di setiap kota-kota besar (Syarifuddin et al., 2018). Salah satu objek wisata hidden gem di Kabupaten Bandung yang wajib dikunjungi wisatawan ketika melakukan perjalanan ke Bandung, yaitu Kawasan Wisata Gunung Puntang. Kawasan Wisata Gunung Puntang merupakan sebuah kawasan wisata alam yang terletak di Desa Campakamulya, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung. Kawasan Wisata Gunung Puntang sendiri dikelola langsung oleh Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kabupaten Bandung Selatan serta bekerjasama dengan organisasi masyarakat desa hutan.

Kawasan Wisata Gunung Puntang terkenal akan penghasil biji kopinya yang istimewa. Terbukti pada pertengahan bulan April 2016, kopi puntang mengikuti kejuaraan kopi dunia yang diselenggarakan oleh Specialty Coffee Association of America (SCAA) di Amerika Serikat, dinobatkan sebagai yang terbaik. Bagi sebagian wisatawan, kurang lengkap rasanya jika saat melakukan perjalanan wisata tidak ada kehadiran secangkir kopi terutama bagi para pecinta kopi sejati hal tersebut sudah menjadi minuman wajib. Oleh karena itu, beberapa rumah penghasil kopi di Puntang menyulap area perkebunan mereka menjadi atraksi wisata. Wisatawan dapat melihat kebun kopi serta melihat proses kegiatan pembuatan kopi dari awal dipetik dari pohonnya hingga siap diedarkan.

Kawasan Wisata Gunung Puntang selain menawarkan kopinya yang istimewa, juga menawarkan daya tarik lainnya, seperti keanekaragaman hayati hutan lindungnya, hutan pinusnya, serta keindahan alamnya. Pesona indahnya pemandangan alam yang ada dapat menjadi obat pelepas penat dari rutinitas sehari-hari. Kawasan Wisata Gunung Puntang juga memiliki curug, terdapat lima curug yang ditawarkan kepada wisatawan, yaitu Curug Siliwangi, Curug Cikahuripan, Curug Gentog, Curug Cigeureuh, dan Curug Saat. Selain menawarkan keanekaragaman hayati, keindahan alam, dan curugnya, Kawasan Wisata Gunung Puntang juga menawarkan wisata heritage kepada wisatawan sehingga wisatawan juga mendapatkan pengetahuan tentang sejarah di objek wisata tersebut yang akan memperkaya pengalaman berwisata. Situs peninggalan pada masa kolonial Belanda berupa sisa-sisa bangunan dari Stasiun Radio Malabar dan Gua Belanda merupakan wisata heritage yang terdapat di Kawasan Wisata Gunung Puntang. Bagi para pecinta alam, Kawasan Wisata Gunung Puntang juga sangat ideal untuk kegiatan berkemah karena areanya yang luas. Di samping itu, Kawasan Wisata Gunung Puntang pun menjadi rumah bagi satwa endemik Indonesia, yakni Owa Jawa dikarenakan habitatnya masih alami. Dengan berbagai macam daya tarik yang dapat ditawarkan kepada wisatawan akan memberikan pengalaman berwisata yang optimal, berkesan, dan menyenangkan. Pengalaman berwisata yang optimal akan menciptakan rasa kesenangan bagi wisatawan yang mana pengalaman tersebut akan disimpan dalam memori jangka panjang yang kemudian akan mempengaruhi niat wisatawan untuk berkunjung kembali serta merekomendasikan Kawasan Wisata Gunung Puntang kepada orang lain.

Cahyo Agung Prastyo