Field Trip BINUS Tourism untuk Siswa SLTA – 18 Juni 2022

Pada Sabtu, 18 Juni 2022 lalu, Prodi Destinasi Pariwisata BINUS University (atau BINUS Tourism) menyelenggarakan kegiatan ‘trial field trip’ untuk siswa SLTA, dengan tema Jakarta Urban Legend Walking Tour. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari sejumlah ‘trial field trip‘ BINUS Tourism, yang bertujuan untuk memberikan gambaran kepada siswa SLTA – terutama yang tertarik kuliah di Jurusan Kepariwisataan – tentang kegiatan studi lapang (field trip) yang menjadi bagian dari kegiatan intrakurikuler BINUS Tourism. Alasan mengapa studi lapang dipilih sebagai jenis kegiatan ini adalah sifatnya yang lebih terdengar rekreatif untuk siswa SLTA dibanding metode lainnya, sehingga diharapkan akan menarik minat lebih banyak peserta untuk tahap pengenalan ini. Untuk jangka panjang, kegiatan tersebut diharapkan akan membantu promosi dan branding prodi di kalangan pasar target (yaitu calon mahasiswa BINUS Tourism). Sebagai informasi, Prodi Destinasi Pariwisata BINUS University menekankan pada aspek teknologi informasi dan kewirausahaan pada kurikulumnya, sesuai dengan tuntutan jaman dewasa ini.

Poster kegiatan yang disebar ke calon peserta

Kegiatan ‘trial field trip’ pertama untuk tahun 2022 ini diikuti oleh 13 orang. Secara umum, sebagian peserta berasal dari DKI Jakarta dan sekitarnya.

Kegiatan dimulai pada pukul 14.30 di Ruang 327, salah satu smart class di BINUS, dengan pengenalan visi, misi, tujuan, kurikulum, dan berbagai program dan kegiatan prodi oleh ketua Prodi Destinasi Pariwisata, Wendy Tarigan. Setelah itu, pada pukul 16.00, peserta berangkat ke Museum Bahari dengan bus BINUS, dilanjutkan dengan kunjungan ke Menara Syahbandar dan Pelabuhan Sunda Kelapa. Selain ketua prodi, rombongan peserta didampingi juga oleh PIC kegiatan dari Prodi (Teguh Amor Patria) dan dua dosen prodi (Hana Ulinnuha, Fithria Damanik), beberapa orang dari marketing BINUS, dan pemandu dari Museum Bahari. Dalam kegiatan tersebut, peserta mendapat informasi tentang objek-objek yang dikunjungi serta aspek Urban Legend-nya, yang sesuai dengan tema ‘trial field trip’ ini. Kegiatan selesai sekitar pukul 18.00 dan semua peserta kembali ke kampus BINUS Anggrek.

Pengenalan Prodi Destinasi Pariwisata BINUS oleh Ketua Prodi

 

Peserta mendapat penjelasan dari pemandu di Museum Bahari

 

Peserta diajak berkunjung ke Pelabuhan Sunda Kelapa

 

Kegiatan ‘trial field trip’ ke Kota Tua Jakarta ini adalah yang pertama dari serangkaian kegiatan serupa (total 5 kegiatan yang direncanakan akan berlangsung antara 18 Juni hingga awal Agustus 2022). Kegiatan ini diharapkan akan meningkatkan intake calon mahasiswa Pariwisata BINUS angkatan 2026, sekaligus promosi dan branding prodi untuk jangka panjang.

Peserta berkumpul dan berpose di depan Menara Syahbandar

 

Apakah kamu siswa SLTA dan tartarik untuk mengikuti trial field trip BINUS Tourism? Beri tahu kami lewat kolom komentar di bawah ini ya.

Teguh Amor Patria, Ph.D.