Kebon Jeruk adalah kecamatan yang berada di Kota Administrasi Jakarta Barat. Penduduk Kecamatan Kebon Jeruk cukup banyak, yakni sekitar 383.168 jiwa per tahun 2020. Walaupun padat penduduk, kawasan ini tetap rapi dan nyaman untuk ditinggali. Kecamatan Kebon Jeruk terkenal karena terdapat banyak stasiun televisi dan juga atraksi menarik lainnya, Kebon Jeruk memiliki beberapa atraksi, antara lain:

Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara). Museum MACAN adalah museum pertama di Indonesia yang memiliki koleksi seni modern dan kontemporer Indonesia serta internasional. Museum ini terletak di AKR Tower, untuk akses menuju kesana juga dapat menggunakan Transjakarta dan turun di halte Kebon Jeruk. Di dalam museum, kita akan disuguhi dengan seni-seni yang menarik. Bahkan seni nya juga ada dalam bentuk pertunjukkan dengan melibatkan manusia. Museum ini juga menyediakan televisi / monitor yang berisi video pertunjukan pameran, mereka juga memiliki barcode yang ketika dipindai akan menunjukkan augmented reality. Ada juga karya seni yang menggunakan proyektor, seolah-olah kita sedang duduk dengan bayangan seseorang. Amenitas seperti toilet juga bagus dan bersih, kemudian lahan parkir yang luas.

Museum MACAN (2022)

Pasar Bunga Rawa Belong. Pasar Bunga Rawa Belong adalah salah satu pasar bunga terbesar dan terlengkap yang ada di Jakarta, bahkan Rawa Belong sering disebut sebagai surga bunga. Pasar ini terletak di daerah Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Salah satu atraksi dari pasar ini adalah banyaknya bunga dan pedagang yang membuat pasar sangat berwarna warni dan semerbak bau bunga. Bunga yang ditawarkan sangat beragam, mulai bunga dari perkebunan lokal hingga bunga impor. Ada bunga krisan, aster, anggrek, peacock, snapdragon, dan garbera. Hal ini bisa menjadi potensi atraksi untuk wisata. Pasar bunga ini bisa sebagai pameran bunga dimana publik dapat mengenali berbagai jenis bunga dan menambah pengetahuan, selain itu pasar ini juga berpotensi jadi wisata bisnis dimana publik bisa berkunjung ataupun membeli bunga. Dari aspek amenitas, pasar bunga ini memiliki fasilitas yang cukup memadai. Pasar ini memiliki fasilitas seperti, gedung pasar dua lantai (lantai dua digunakan untuk pembuatan papan bunga), toilet umum, musholla, penunjuk jalan untuk tunanetra, dan parkiran yang luas. Di sekitar pasar dan sepanjang jalan juga terdapat banyak tempat makan, sehingga pengunjung dapat dengan mudah mencari makanan. Dari segi aksesibilitas, pasar ini dapat diakses dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum lainnya seperti TransJakarta, ojek online dan sebagainya.

Pasar Bunga Rawabelong (2022)

Ketupat dan Gorengan Bang Hasan. Ketupat dan Gorengan Bang Hasan adalah salah satu kuliner yang paling terkenal di Jakarta Barat, ini terlihat dari banyaknya orang mengantri bahkan sebelum warung dibuka. Lokasinya sendiri terletak di Jalan Lapangan ST No. 2 Kebon Jeruk, Jakarta Pusat. Menu utamanya adalah  gulai sapi, ketupat, semur tahu dan tempe. Salah satu hal yang menarik adalah, pengunjung bebas memilih sendiri isi gulainya dari kuali dengan memindahkannya ke mangkok yang sudah disediakan. Kemudian penjual akan membantu memotongnya dan menyajikannya. Isi dari gulai ini terdiri dari daging, paru, kikil, babat, dan urat. Dagingnya juga sangat empuk dan enak, harganya juga relatif murah yaitu Rp 8.000/bagian. Dari amenitas, di sepanjang jalan memiliki banyak fasilitas seperti: rumah sakit, kantor camat, terdapat pula tong sampah disekitar tempat destinasi sehingga kebersihan terjaga dengan baik. Dari segi aksesibilitas, mereka berada di pinggir jalan sehingga mudah diakses. Warung ini mudah dikunjungi, baik dengan kendaraan pribadi maupun dengan angkutan umum termasuk ojek online. Jalan yang dilalui juga kondisinya bagus. Secara keseluruhan, warung ini sudah sangat potensial dari segi rasa dan kuliner, akan tetapi luas warung nya adalah salah satu yang menjadi kekurangan terlebih ketika banyak pengunjung yang mengantri.

Ketupat dan Gorengan Bu Hasan (2022)

 

Dokumentasi bersama kelompok (2022)