Kembangan adalah salah satu kecamatan yang terdapat di kota Jakarta dan terletak di Jakarta Barat. Kecamatan ini terdiri dari enam kelurahan, yaitu Kembangan Utara, Kembangan Selatan, Meruya Utara, Meruya Selatan, Srengseng, dan Joglo. Secara geografis, kecamatan ini berbatasan langsung dengan Kecamatan Cengkareng (Utara), Kecamatan Karang Tengah (Barat), Kecamatan Pesanggrahan (Selatan), dan Kecamatan Kebon Jeruk (Timur). Berdasarkan Wikipedia, pada tahun 2020, penduduk kecamatan ini berjumlah 297.837 jiwa, dimana laki-laki berjumlah 149.811 jiwa dan perempuan berjumlah 148.026 jiwa, dengan kepadatan penduduk 12.328 jiwa/km2. Kecamatan Kembangan bisa dijadikan daerah tujuan wisatawan jika memiliki daya tarik wisata (attraction), aksesibilitas (accessibility), dan fasilitas yang dapat mendukung aktivitas pariwisata (amenities)

Kembangan memiliki beberapa atraksi yang dapat dikunjungi oleh wisatawan, seperti:

  1. Hutan Kota Srengseng – Jl Haji Kelik, Kelurahan Srengseng

Hutan Kota Srengseng adalah hutan yang awal mulanya digunakan sebagai lahan pembuangan sampah yang sekarang kini beralih menjadi hutan kota. Hutan ini memiliki daya tarik tersendiri seperti memiliki lahan hijau dengan luas 15,3 hektar berisi kurang lebih 10.000 pohon dengan 60 spesies yang berbeda. Selain itu, hutan ini juga bisa menjadi tempat berolahraga karena di hutan ini terdapat jalur yang dapat digunakan untuk jogging. Lalu, di tengah hutan terdapat sebuah danau yang dapat dinikmati wisatawan saat berjalan – jalan di hutan ini. Danau ini juga bisa dijadikan tempat untuk melakukan pemancingan. Untuk itu, hutan ini menjadi destinasi yang cocok dikunjungi apabila ingin melepas penat dari suasana perkotaan. Dengan demikian, Hutan Kota Srengseng adalah salah satu contoh daya tarik buatan dengan kategori tempat rekreasi dan keluarga.

  1. Edokko Japan Traditional Playground – Lippo Mall Puri

Edokko Japan Traditional Playground adalah taman bermain bertema Jepang pada zaman Edo (sekitar 400 tahun lalu). Uniknya, taman ini bukan hanya bisa dinikmati oleh anak kecil, namun orang pun bisa menikmati dan bermain di taman ini. Taman ini menjadi taman bermain indoor terbesar di Indonesia. Terdapat banyak wahana yang dapat dinikmati oleh pengunjung, seperti Fuji Slider, Edokko Castle, Ninja School, Sakura Market, Sumo Arena, Terakoya, Baby Corner, Kawaii Photo Studio, dan Party Room. Dengan demikian, Edokko Japan Traditional Playground adalah salah satu contoh daya tarik buatan dengan kategori tempat rekreasi dan taman bertema.

  1. Wheel of Death – Puri Indah Mall

Wheel of Death adalah pertunjukan berbahaya oleh The Cardenas Family dimana mereka melakukan atraksi di atas roda raksasa yang sedang berputar. Mereka berlari, meloncat, bermain lompat tali sambil berputarnya roda. Pertunjukan ini membuat para pengunjung terkagum dan bertepuk tangan melihat penampilan ekstrim mereka. Namun, sayangnya pertunjukan ini berlangsung hanya berlangsung pada 22 Oktober 2022 – 6 November 2022 setiap Selasa sampai Kamis pada pukul 19.00 WIB dan Jumat sampai Minggu pada pukul 16.00 WIB dan 19.00 WIB di Puri Indah Mall. Dengan demikian, Wheel of Death adalah salah satu contoh daya tarik buatan dengan kategori pameran.

Daya Tarik Wisata di Kecamatan Kembangan (2022)

Untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pengunjung selama melakukan aktivitas pariwisata, berikut ini beberapa amenitas atau fasilitas yang terdapat di kecamatan Kembangan:

  1. Rumah Sakit Pondok Indah Puri Indah – Jalan Puri Indah Raya

Rumah Sakit Pondok Indah merupakan rumah sakit yang cukup populer dan dipercaya oleh banyak kalangan dikarenakan memiliki para dokter spesialis dan subspesialis dan fasilitas kesehatan dengan teknologi medis terkini. Pelayanan medis yang dimiliki RSPI Pondok Indah cukup lengkap. Selain layanan primer, RSPI juga menyediakan layanan gawat darurat, Executive Health Check Up, outpatient (rawat jalan), inpatient (rawat inap), dan didukung dengan Diagnostic Center. Pelayanan resep di RSPI yang buka 24 jam juga telah terkomputerisasi. RSPI adalah rumah sakit pertama di Jakarta Barat yang memiliki layanan pemeriksaan pencitraan MRI 3 Tesla. Kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan tercermin dari raihan akreditasi nasional (KARS) maupun internasional (JCI) yang secara konsisten diterima sejak 2009.

  1. Apartment The Windsor – Jl. Puri Indah Raya No. 1

Signature Apartment The Windsor memiliki keunggulan yaitu parkiran yang luas, private lift, daerah yang tidak banjir, area yang strategis, dekat dengan rumah sakit, sekolah bertaraf internasional, mall, dan lain – lain. Apartemen ini memiliki beberapa tipe dengan luas 111 sqm – 186 sqm.

  1. Srengseng Junction – Jl. Raya Srengseng Kelurahan Srengseng

Srengseng Junction merupakan pusat perbelanjaan yang didalamnya banyak tempat makan/food court yang beragam jenis, terdapat juga live music. Di sekitar srengseng junction juga food street yang sangat ramai saat malam hari.

Contoh Amenitas di Kecamatan Kembangan (2022)

Untuk aksesibilitas menuju Kembangan, ada dua cara yaitu melewati jalan tol ataupun rute dari TransJakarta yang telah disediakan oleh pemerintah. Untuk Transjakarta sendiri, hanya ada satu titik untuk pemberhentian ke Kembangan. Jalan tol kembangan memiliki gerbangnya sendiri sehingga apabila kita ingin ke area Kembangan kita dapat langsung keluar dari pintu tol. Tak hanya itu, Kembangan juga mengakomodasikan para pejalan kaki dengan jalannya sendiri yang cukup bersih dan nyaman. Aksesibilitas yang dimiliki oleh area Kembangan dirasa sangat layak untuk mengakomodir para wisatawan wisatawan yang ingin menghabiskan waktunya di area Kembangan.

Contoh Aksesibilitas di Kecamatan Kembangan (2022)

Kecamatan Kembangan yang terletak di kota Jakarta Barat dapat menjadi daya tarik wisata. Dikarenakan, memiliki beberapa komponen pembangunan yang biasanya dimiliki oleh setiap kota maju seperti: atraksi yang membuat perhatian banyak masyarakat, aksesibilitas, dan, fasilitas umum berupa amenitas. Berdasarkan Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional, hal ini yang membuat daerah Kembangan menjadi suatu wilayah yang menjadi daya tarik banyak orang maupun masyarakat setempat dan pemerintah yang turut memajukan daerah Kembangan. Baik itu segi fasilitas distrik, kawasan alam seperti Hutan Kota Srengseng, fasilitas umum yang dibutuhkan oleh setiap masyarakat contohnya: pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan tempat hiburan lainnya. Sehingga dapat disimpulkan bila, kecamatan Kembangan cukup berkompeten dalam hal pembangunan industri pariwisata nasional. Berdasarkan bukti – bukti diatas bahwa Kembangan memiliki penguatan struktur industri pariwisata dan berkembang dalam meningkatkan citra serta kualitas lingkungannya.