Ketika kamu mendengar “Belitung”, pasti top of mind-nya adalah Laskar Pelangi dan pantainya yang sangat indah. Tapi sebenarnya, Belitung beyond Laskar Pelangi dan Pantainya loh. Yuk simak hal-hal tentang Belitung yang jarang orang ketahui.

  1. Belitung merupakan pulau yang memiliki sumber daya timah yang sangat besar. Kamu bahkan bisa menemukan timah dihalaman belakang rumahmu.  Maka jangan heran kalau kamu akan banyak melihat kubangan-kubangan air bekas penggalian timah.
  2. Belitung dikenal sebagai pulau dengan 1000 kedai kopi. Walaupun di Belitung tidak ada kebun kopi, tapi kamu akan banyak mendapati kedai kopi dipinggir-pinggir jalan. Masyarakat Belitung senang sekali menghabiskan waktunya di kedai kopi tradisional. Banyak yang percaya, kopi lah yang menjadi pemersatu masyarakat dengan berbagai suku dan etnik ini.
  3. Selain Timah, ada batu alam yang saat ini masih menjadi komoditi (soon akan dilindungi), yaitu Batu Satam. Batu ini dianggap berasal dari meteor yang jatuh jutaan tahun yang lalu. Batu ini berwarna hitam pekat dan memiliki kilauan yang indah.
  4. Kalian pasti sering makan Mi Bangka? Nah, di Belitung, mereka juga punya Mi khas biasa disebut Mi Belitung. Rasanya sangat berbeda dengan Mi Bangka, dan biasanya disandingkan dengan minuman khas belitung yaitu jeruk kunci.
  5. Belitung memiliki 17 geosite yang sangat menawan, termasuk ke dalamnya Pantai Laksar Pelangi atau disebut juga Pantai Tanjung Tinggi.
  6. Belitung memiliki hewan endemik yang merupakan monyet terkecil sedunia, bernama Tarsius. Ia nokturnal dan merupakan karnivor.
  7. Kebanyakan masyarakat belitung tidak percaya hantu, tapi Belitung memiliki boneka arwah yang disebut Atu Bubu, terbuat dari bambu dan kain putih, yang pada acara tertentu akan dikendarai Jin dan menari-nari.

Nah, demikian sedikit tentang Belitung yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Semoga menambah keinginan kamu untuk mengunjungi Belitung yah.