Bagi sebagian orang ketika mereka mendengar kata ‘Museum’ yang terlintas di pikiran mereka adalah sebuah tempat dimana berisi informasi dan tempat yang menyimpan banyak koleksi benda-benda penting. Tetapi kebanyakan orang belum mengetahui beberapa jenis Museum yang ada. Dengan kehadiran sebuah Museum seni yang bernama Museum MACAN (Museum Seni Modern dan Kontemporer di Nusantara) memberikan perspektif baru terhadap Museum. Museum yang berlokasi di AKR Tower Level M, Jalan Panjang ini tidak seperti Museum yang kita bayangkan. 

Infinite Mirrored Room – Brilliance of the Souls. Sumber: Instagram Musem MACAN

Museum Macan adalah Museum seni yang memberikan akses publik terhadap koleksi seni modern dan kontemporer yang signifikan dan terus berkembang dari Indonesia dan seluruh dunia. Museum Macan memberikan wadah bagi seniman nasional dan internasional untuk mempresentasikan karya mereka pada audiens global dan menginisiasi karya komisi dari berbagai seniman untuk memperluas perspektif seni kontemporer di dalam dan luar Indonesia. 

Chiharu Shiota: The Soul Trembles. Sumber: Instagram Museum MACAN

Museum Macan sudah mendapatkan popularitas sejak namanya pertama kali terdengar, ditambah dengan kehadiran sebuah seniman asal Jepang, Yayoi Kusama lewat karyanya ‘Life Is The Heart of Rainbow’. Karya yang dikenal sangat artistik dipajang sebanyak 130 karya dalam bentuk lukisan, patung, dan karya diatas kertas. Tidak hanya itu, karya-karya yang lainnya seperti Great Organic Pumpkin, Dots Obsession, Narcissus Garden, dan Experiment in Japan adalah karya-karya yang membuat pengunjung semakin mengenal serta secara tidak langsung mempromosikan Museum Macan.

Instalasi Shiota ‘Connecting Small Memories’. Sumber: Instagram Museum MACAN

Museum Macan juga mempunyai cara unik untuk menarik pengunjung seperti mendatangkan seniman baru, mengadakan promo harga dengan membuat paket membership, membayar dengan menggunakan sikat gigi baru, dan lain sebagainya.

Interior Museum MACAN. Sumber: Instagram Museum MACAN

Instalasi Yayoi Kusama. Sumber: Instagram Museum Macan