Seperti yang kita tahu bahwa Bali adalah salah satu tujuan utama bagi wisatawan domestik maupun mancanegara ketika ingin berlibur atau berkunjung ke Indonesia. Ubud berlokasi di Gianyar, Desa Ubud. Ubud juga terkenal dengan banyaknya objek wisata dan juga pemandangan yang memanjakan mata. Contoh wisata yang terkenal di desa ini adalah Ubud Monkey Forest, Goa Gajah, Ayung Rafting Ubud, dan Pasar Seni Ubud. 

Ubud. Sumber: Ana Alarcon / TripSavvy

Mayoritas wisatawan mancanegara memilih kawasan Ubud sebagai destinasi bulan madu di Bali. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Tjok Bagus Pemayun. Selain kawasan Ubud, kawasan wisata lainnya seperti Candidasa dan Tulamben juga merupakan destinasi bulan madu selama berada di Bali. Pemilihan kawasan-kawasan dinobatkan oleh Tripadvisor yang menobatkan Bali sebagai destinasi bulan madu untuk tahun 2024 yang diambil berdasarkan ulasan pengguna Tripadvisor selama 12 bulan.

Komaneka at Bisma. Sumber: website Tripadvisor

Dengan adanya penobatan tersebut, menurut Tjok Pemayun, dengan predikat Bali sebagai destinasi terbaik untuk wisata bulan madu , menunjukkan Bali sebagai destinasi wisata yang aman dan nyaman untuk dikunjungi wisatawan. Beliau juga menjelaskan bahwa adanya peran film “Eat, Pray, Love” juga menambah kesan bahwa jika ingin memperkuat cinta pasangannya, datanglah ke Bali. Bali juga menjadi lokasi favorit untuk melakukan sesi foto Prewedding dan sebagai tempat pernikahan, khususnya wisatawan dari Korea dan India. Tidak hanya sumber daya alamnya saja, tetapi sumber daya manusia yang mumpuni dan memiliki standar untuk menghandle dan melayani wisatawan juga merupakan faktor yang menjadikan Bali sebagai pilihan yang tepat dalam hal percintaan.

Julia Robert dalam film ”Eat, Pray, Love”. Sumber: IMDB

Sumber: https://bali.bisnis.com/read/20240118/537/1733636/ubud-jadi-salah-satu-tujuan-wisata-bulan-madu-di-bali