Minimnya dana promosi pariwisata Indonesia yang telah disinggung oleh Gabungan Industri Pariwisata (GIP) sejak dulu dilakukan secara terbatas. Menurut ketua GPI, Hariyadi Sukamdani, Indonesia tidak mempunyai dana promosi yang cukup. Beliau juga menambahkan bahwa sektor pariwisata hanyalah sebuah aksesoris. Di zaman pemerintahan Jokowi, pembangunan infrastruktur memang bagus sekali tetapi ketika berbicara khusus promosi wisata masih terbatas. 

Ketua GPI, Hariyadi Sukamdani. Sumber: CNN Indonesia

Berdasarkan catatan pihak Hariyadi, adanya alokasi dana pemerintah untuk sektor pariwisata Indonesia yang berkisar di angka Rp 3,8 triliun, termasuk promosi pariwisata. Menurut beliau, jumlah tersebut tergolong kecil dibandingkan negara seperti Thailand, Malaysia, dan Singapura yang mempunyai dana besar untuk promosi pariwisata. Seperti di Singapura yang anggaran pariwisatanya mencapai sekitar Rp 6 triliun yang dikhususkan hanya untuk promosi saja sehingga bisnis MICE sangat maju di Singapura. 

 

Beliau menilai tanpa adanya dana promosi, Indonesia akan kesulitan untuk menggaet wisatawan asing. Dana promosi berguna untuk memberi tawaran menarik bagi wisatawan mancanegara. Selain itu, dana promosi juga digunakan mensubsidi tiket penerbangan internasional di beberapa rute tertentu, membuat paket wisata khusus keluarga, hingga membayar influencer untuk pembuatan konten pariwisata Indonesia. 

Beliau membenarkan pemerintah kini tengah merencanakan Indonesia Tourism Fund (ITF) atau dana abadi pariwisata. Beliau melihat sumber dana abadi sendiri berasal dari Badan Pengelola Dana LIngkungan Hidup (BPDPLH) yang dinilai menitikberatkan pada aspek lingkungan. Beliau berharap pemerintah yang akan datang bisa mengalokasikan anggaran tersendiri untuk promosi pariwisata dan Ia juga meminta agar pihaknya dan seluruh stakeholder industri pariwisata bisa dilibatkan untuk mendiskusikan hal tersebut.

Sumber berita: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-7170072/pengusaha-keluhkan-minimnya-dana-promosi-pariwisata-ri

Sumber Feature Image: https://katadata.co.id/lifestyle/wisata-dan-kuliner/656d85cc98f38/jokowi-siapkan-dana-abadi-untuk-gencarkan-promosi-pariwisata