Pada tanggal 21 Oktober 2023, tim dari Binus Tourism berkunjung ke Kampung Ekowisata Kranggan, yang berada di Jalan Lingkar Selatan, Kranggan, Setu, Tangerang Selatan. Tempat ini dekat sama pusat kota BSD dan di sisi-sisinya ada sungai Cisadane yang ngalir. Eh, gak nyangka nih, kampung ini masuk dalam daftar 75 desa wisata terbaik versi Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2023 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif lho!

Kampung Ekowisata Kranggan itu beda dari kampung-kampung lainnya, loh. Nah, salah satu hal yang bikin beda adalah suasana alamnya yang masih alami banget sepanjang Sungai Cisadane. Terus, di sini juga udah ada para pengusaha mikro kecil menengah yang bikin keripik-keripik dan kacang sangrai buat oleh-oleh. Plus, ada homestay yang dimiliki warga sekitar juga. Gak cuma itu, ada juga tempat makan Saung Cisadane yang menyajikan menu khas Sunda yang bikin ngiler!

Di kampung ini, tim dari Binus Tourism asyik banget ikutan macem-macem kegiatan. Mulai dari nonton pertunjukkan pencak silat, sampe belajar main angklung! Ada juga treking seru di sepanjang Sungai Cisadane, lho. Terus, mereka juga diajarin cara bikin opak, nyobain makanan-makanan khas Sunda, sampe main panah! Gak kerasa deh, banyak banget kegiatan yang bisa dijadiin buat liburan asyik.

Beneran deh, suasana alamnya yang masih hijau dan alami bikin kampung ini jadi tempat yang menarik banget. Kebanyakan warganya juga nyari rezeki dari usaha keripik mereka. Dengan manajemen yang bagus dan dibimbing oleh beberapa perguruan tinggi, kampung ini punya potensi buat menggerakan ekonomi daerah, menjaga lingkungan, dan menambah kesejahteraan masyarakat di sekitarnya. Mantap kan?