Sudah lama terdengar bahwa adanya rencana Borobudur yang akan dijadikan wisata spiritual Indonesia untuk menggaet turis asing. Hal ini juga disampaikan Bambang Susanto Priyohadi yang saat ini menjabat sebagai Tenaga Ahli Menteri Bidang Pembangunan Regional Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Beliau menyebut adanya rencana pengembangan Candi Borobudur menjadi wisata spiritual. Beliau juga akan menata agar zona utama Candi Borobudur berfungsi sebagai wisata spiritual, tetapi tidak berarti ke arah religi tertentu.

Bambang Susanto Priyohadi. Sumber: Nusantara News

Sudah tujuh tahun berselang, Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) juga menyampaikan hal yang sama. Beliau berkata dalam rapat terbatas di Istana Merdeka bahwa khusus untuk borobudur yang memiliki potensi 42 juta masyarakat ASEAN beragama Buddha, bisa menjadi wisata spiritual. Kawasan Borobudur dapat menampung lebih dari 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara dalam beberapa tahun kedepan. Pengembangan ini juga didorong dengan adanya pembangunan infrastruktur seperti bandara, jalan tol, dan jalur kereta api. 


Sandiaga Uno. Sumber: Warkota Live

Sandiaga juga mengatakan bahwa pengembangan Candi Borobudur menjadi wisata spiritual yang masih terus dilakukan. Beliau sadar adanya potensi yang besar terhadap tempat ini sebagai tujuan wisata spiritual bagi umat Buddha di Asia Tenggara. Namun masih dibutuhkannya kerja sama antar kementerian untuk mewujudkan Borobudur sebagai destinasi wisata spiritual Indonesia. Salah satu wisata spiritual atau spiritual tourism yang terbesar adalah umrah di Arab Saudi dan Indonesia bisa menjadi penymbang terbesar. Menurut beliau, Borobudur juga harus dikembangkan sebagai wisata spiritual dengan lintas kementerian. Peran seperti Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian BUMN, dan Kementerian Agama juga bisa ikut mengembangkan wisata spiritual khususnya Borobudur dan Prambanan.

Sumber: Antara News

Sumber berita: https://travel.kompas.com/read/2024/02/29/180600927/borobudur-jadi-wisata-spritual-indonesia-bagaimana-perkembangannya-

Sumber Featured Image: https://kumparan.com/kumparantravel/candi-borobudur-dikembangkan-sebagai-destinasi-wisata-spiritual-berkelas-dunia-20xqVvJ77rS