Bioskop tersebut adalah bioskop NSC X Meirobie yang ada dan satu-satunya di Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Bioskop modern pertama yang setelah hampir 22 tahun vakum tersebut membawa angin segar bagi industri pariwisata. Yang membedakan dari bioskop lainnya yang ada di Indonesia adalah dikawal dengan pasokan listrik pelanggan prioritas. Dengan adanya kehadiran bioskop, diharapkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan ekonomi kreatif di sekitar ikut berkembang sehingga meningkatkan pendapatan daerah yang populer dengan kisah laskar pelangi itu. 

Bioskop NSC X Meirobie. Sumber: kemenparekraf

Hariani, Manager PLN UP3 Belitung mengatakan bahwa PLN akan mendukung penuh pasokan kelistrikan untuk seluruh kegiatan ekonomi kreatif dan UMKM termasuk bioskop sebagai salah satu instrumen pertumbuhan pariwisata Belitung. Beliau juga menambahkan bahwa potensi pariwisata Indonesia harus dimanfaatkan guna meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat. Tentuya, pihaknya akan terus menjaga keandalan listrik di Pulau Belitung guna menunjang potensi perkembangan pariwisata, ekonomi kreatif, dan UMKM. 

Sumber: kemenparekraf

Beliau Mengungkapkan bahwa  daya sebesar 123,6 kVA dipasok untuk kebutuhan listrik bioskop dan area sekitarnya seperti booth UMKM dan Stasiun pengisian kendaraan listrik umum. Sistem penyaluran listrik tersebut berasal dari dua penyulang yang berbeda agar keandalan terjaga. Adanya langkah strategis dari PLN untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat Belitung seperti pemeliharaan rutin, peningkatan infrastruktur, penguatan sistem jaringan listrik, hingga memastikan material pendukung telah terpasang dengan baik. 

Sumber: kemenparekraf

Isyak Meirobie selaku pimpinan bioskop, mengapresiasi PLN atas kolaborasinya dalam penyediaan listrik. Beliau senang karena bioskop di Belitung bisa beroperasi dan berharap agar bioskop tersebut dapat meningkatkan ekonomi lokal. Peluncuran bioskop NSC X Meirobie dihadiri langsung oleh Menparekraf Sandiaga Uno. Bioskop tersebut menayangkan berbagai film best seller dari Hollywood dan juga dalam negeri. Dulunya bioskop pertama di Belitung juga diusahakan oleh keluarga Isyak Meirobie oleh sang kakek.

Menparekraf Sandiaga Uno bersama Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie meresmikan Bioskop NSC X Meirobie di Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Kelayang, Belitung. Sumber: kemenparekraf

Sumber berita: https://www.kompas.com/properti/read/2024/01/27/212127721/bioskop-satu-satunya-di-belitung-dikawal-sistem-listrik-dua-penyulang

Sumber featured image: https://travelxplore.id/hore-bioskop-nsc-x-meirobie-di-belitung-resmi-p-buka/