Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) mengungkapkan bahwa pemerintah akan memberikan bebas visa ke 20 negara guna meningkatkan jumlah wisatawan yang berkualitas di Indonesia. Beliau juga mengungkapkan bahwa pemilihan 20 negara tersebut atas sejumlah pertimbangan yaitu dari banyaknya jumlah wisatawan yang masuk ke Indonesia, pendapatan per kapita, durasi lama tinggal, dan nilai transaksi selama berwisata di Indonesia. Faktor tersebut akan memberikan dampak positif untuk perekonomian Indonesia. Pemerintah juga akan melakukan transformasi green tourism yang menargetkan negara dengan dampak ekonomi terbesar. Beliau juga mengatakan bahwa bebas visa tersebut sangat menentukan kunjungan wisatawan di 2024 dan Indonesia konsisten untuk membidik wisatawan berkualitas dan berkelanjutan. 

Menparekraf Sandiaga Uno. Sumber: news.detik.com

20 negara yang direncanakan akan menerima bebas visa adalah Australia, China, India, Korea Selatan, Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jepang, Belanda, Rusia, Taiwan, Selandia Baru, Italia, Spanyol, Uni Emirat Arab, Qatar, dan beberapa negara Timur Tengah lainnya. Hal ini masih dalam pembahasan dan pengusulan yang merupakan pengembangan dari rapat terbatas dan internal yang digelar oleh Bapak Presiden dan para menteri. Hal ini nantinya akan dituangkan dalam bentuk kebijakan setelah mendapat arahan dari Bapak Presiden. Wacana bebas visa juga bertujuan untuk mencapai target wisatawan mancanegara pada 2024 mendatang dengan angka sebanyak 9,5 juta hingga 14,3 juga. 

Sandiaga Uno menegaskan pemberian bebas visa bukan sebagai pertanda bahwa wisata di Indonesia “murahan” tetapi untuk menunjukkan bahwa wisata Indonesia bersifat terbuka untuk semua pihak manapun. Beliau juga mengakui bahwa kuliner dan destinasi wisata di Indonesia masih terjangkau sehingga dapat dijangkau oleh semua pihak. Walaupun begitu, beliau memastikan pariwisata Indonesia adalah inklusif dan universal untuk siapapun dan pariwisata indonesia adalah pariwisata yang berkeadilan. 

Sumber Berita: https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20231218191802-33-498340/sandiaga-mau-kasih-bebas-visa-untuk-20-negara-ini-daftarnya

Sumber Featured Image: https://visacepat.com/tentang-kami/