Turis di Jepang yang semakin membludak membuat layanan imigrasi bandara sedikit kerepotan. Melahirkan sebuah sistem baru dibuat untuk mempermudah turis yang diperkenalkan oleh pemerintah Jepang mulai dari Januari 2025. Pengunjung dapat menyelesaikan sebagian besar pemeriksaan imigrasi sebelum keberangakatan untuk mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk prosedur masuk saat kedatangan. Langkah tersebut diambil karena seiring meningkatnya jumla wisatawan yang datang. Bedasarkan data, sekitar 17,8 juta orang yang datang pada paruh pertama tahun 2024. Di bulan Juni terhitung ada lebih dari 3 juta pengunjung, sementara pengeluaran wisatawan asing untuk kuartal April – Juni mencapai rekor 13,4 miliar USD. 

Sumber: https://eastasiaforum.org/

Salah satu faktor yang mendorong wisatawan datang ke Jepang adalah melemahnya yen yang mendorong perekonomian Jepang yang sedikit rapuh. Mata uang ini mencapai titik terendah dalam 38 tahun terhadap dolar pada awal bulan ini karena kesenjangan suku bunga antara Jepang dan Amerika Serikat terus memberikan tekanan pada mata uang tersebut. 

Sumber: https://mediaindonesia.com/

Fumio Kishida, Perdana Mentri Jepang menyatakan bahwa pengeluaran pengunjung asing sebesar 8 trilliun yen akan terjadi pada tahun 2024. Meski melemahnya Yen yang menarik wisatawan dan pembeli ke Jepang, hal tersebut juga memicu siklus inflasi terkuat dalam beberapa dekade, sebuah faktor yang menyebabkan penurunan belanja untuk warga lokal. Terdapat reaksi negatif yang meningkat di antara beberapa penduduk setempat yang merasa terganggu dengan jumla pengunjung yang terus meningkat. Contohnya di Kyoto dan Fujikawaguchiko. Dewan distrik lokal Kyoto melarang pengunjung memasuki jalan sempit di distrik Gion, sementara pemerintah daerah Fujikawaguchiko memasang penghalang untuk menghetikan wisatawan mengambil foto di toko serba ada dengan latar belakang Gunung Fuji.

Fumio Kishida. Sumber: https://tirto.id/

Pemerintah Daerah Fujikawaguchiko Memasang Penghalang untuk Menghetikan Wisatawan Mengambil Foto di Toko Serba Ada Dengan Latar Belakang Gunung Fuji. Sumber: https://niindo.com/

Sumber Berita: https://travel.detik.com/travel-news/d-7452682/jepang-sadar-turis-membludak-imigrasi-bikin-jurus-baru

Sumber Featured Image: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230308130958-269-922392/jepang-mulai-cari-strategi-jitu-hadapi-overtourism